November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ganti Logo Usaha? Kapan Waktu yang Tepat?

By - Mon Oct 08, 5:09 pm

Logo usaha sebuah perusahaan merupakan sebuah penanda yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan lain. Logo usaha juga mempunyai fungsi untuk menceritakan apa saja yang ditawarkan perusahaan Anda kepada khalayak ramai. Jadi, logo perusahaan bukan hanya sekedar menampilkan gambar atau tulisan yang menarik tanpa makna. Di dalam sebuah logo, terdapat cirri khas perusahaan yang juga bisa menggambarkan harapan dari sebuah usaha. Sebenarnya, logo tidak harus cantik, yang penting bisa bermakna. Karena logo merupakan do’a yang tergambar.
Logo usahaLogo juga berfungsi sebagai identitas perusahaan yang akan melekat pada persepsi masyarakat. Tetapi sekalipun sebuah logo sudah melekat erat dan dikenal oleh masyarakat luas, bukan berarti Anda tidak perlu mengganti logo perusahaan Anda. Karena sejatinya ada beberapa kondisi yang memungkinkan Anda untuk mengubah logo untuk membawa keberhasilan pada usaha Anda.
1) Logo usaha diubah karena untuk perubahan visi misi. Visi dan misi di dalam sebuah perusahaan mutlak dibutuhkan untuk penunjuk jalan dan mencapai tujuan usaha. Visi dan misi perusahaan secara tidak langsung akan berpengaruh pada pergerakan usaha. Untuk itulah, logo sebaiknya menggambarkan visi, misi dan juga tujuan usaha yang disesuaikan dengan detail produk dan usaha Anda. Itulah sebabnya ketika Anda mengubah visi dan misi perusahaan, maka sebaiknya logo perusahaan juga ikut diubah. Karena beda visi-misinya, maka feng shui dan tingkat keberuntungannya juga akan berbeda.
2) Perubahan struktur organisasi. Ketika Anda membuat sebuah logo untuk usaha Anda berdasarkan feng shui, sebaiknya Anda juga memperhatikan salah satu faktor yang paling berpengaruh, yaitu karakter si pemilik dan partnernya. Karena karakter, bakat dan potensi setiap orang itu berbeda. Untuk itulah dibutuhkan perhitungan karakter untuk bisa memaksimalkan positif pemilik usaha agat bisa jalan bersama untuk sukses. Setiap orang dengan karakter berbeda sangat berpengaruh apda logo yang akan diambil. Sebaiknya, ketika Anda mengadakan perubahan struktur organisasi usaha Anda, logo dibuat kembali agar sesuai dengan karakter partner atau pemilik usaha yang baru.
3) Logo usaha baru untuk usaha baru. Perluasan bisang usaha bisa jadi impian banyak pengusaha. Tetapi jika Anda membuat usaha baru sebagai cabang atau anak perusahaan dengan konsep, visi dan misi yang berbeda, sebaiknya buatlah logo sendiri. Karena beda bidang usahanya, maka beda pula peruntungan keberhasilannya. Setiap bidang usaha mempunyai warna dan tipikal logo sendiri untuk peruntungan dan kesuksesan usahanya. Sekalipun usaha tersebut masih ada dalam satu perusahaan dan manajemen, tetapi ketika membuat sebuah usaha baru yang bidangnya jauh berbeda, cobalah untuk menciptakan logo yang berbeda dari logo usaha awal.
4) Perubahan jaman. Pergantian logo untuk mengikuti perkembangan zaman memang kerap dilakukan untuk meremajakan citra perusahaan. Dalam perjalanannya, agar lebih diterima masyarakat perubahan memang perlu dilakukan. Sekalipun visi, misi, dan konsep perusahaan tidak berubah sejak awal usaha, namun pembaharuan dalam logo perusahaan diharapkan mampu memberi angin segar dan harapan baru bagi perusahaan. Beberapa perusahaan besar di Indonesia yang sudah puluhan tahun berdiri juga banyak yang mengubah logo perusahaannya agar lebih eye catching dan memberi harapan baru dalam usahanya.
Jadi, dengan memperhitungkan perhitungan feng shui dan usaha Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan logo yang akan Anda perbaharui selama beberapa tahun sekali. Jadi, jangan underestimate pemakaian logo untuk usaha Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS