November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Fenomena Bisnis Laundry di Indonesia

By admin - Tue May 21, 4:59 pm

Bisnis laundry di Indonesia sekarang ini sudah semakin meluas. Bisnis laundry di Indonesia ini bahkan tidak hanya ada di kota-kota besar tetapi juga sudah mulai masuk ke pelosok daerah dengan beragam pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan. Perkembangan yang signifikan ini tidak bisa lepas dari semakin tingginya tingkat kepercayaan masyarakat akan adanya jasa laundry. Selain tingkat kepercayaan, gaya hidup yang berubah juga mempengaruhi tingkat perkembangan usaha ini.

Bisnis laundryBahkan tidak hanya usaha laundry kecil-kecilan saja yang meraup untung besar tetapi juga banyak yang sudah membuka ekspansi cabang sampai nasional. Usaha laundry memang sama seperti jenis bisnis yang lain yang bisa ber-ekspansi ke luar daerah. Untuk usaha laundry kiloan, Anda cukup menyisihkan modal 5 juta sampai 10 juta. Sedangkan untuk membeli mesin cuci, Anda bisa mendapatkannya dengan cara kredit agar bisa merampingkan modal awal. Untuk Anda yang berniat membuka usaha laundry kiloan, berikut ini beberapa persiapan yang harus Anda lakukan agar tidak salah langkah:

  • Carilah lokasi yang strategis, misalnya area sekitar perumahan, perkantoran dan kampus. Area ini bisa menjadi area yang sangat potensial karena mayoritas penghuninya mempunyai kesibukan yang padat sehingga tidak sempat mencuci sendiri.
  • Belilah peralatan laundry, seperti pengering dan mesin cuci yang terjangkau tetapi berkualitas. Bisnis laundry memang harus benar-benar cermat jika ingin bersaing dan mendapatkan kesuksesan.
  • Rekrutlah karyawan yang mempunyai keahlian untuk menjalankan bisnis laundry Anda.
  • Siapkan dana untuk membeli perlengkapan operasional setiap hari, misalnya pelembut, detergen, pewangi pakaian dan juga plastik untuk membungkus pakaian yang sudah bersih dan wangi.
  • Jika Anda memutuskan untuk memberikan layanan antar-jemput, maka Anda juga harus menyiapkan armada.

Bisnis laundry yang Anda jalankan tidak mengapa jika masih mengandalkan kredit pada awalnya. Karena nanti setelah mendapatkan keuntungan bisa Anda gunakan untuk menyicil tagihan. Dan setelah usaha laundry Anda mulai stabil, Anda harus berani untuk kembali mengajukan tambahan kredit untuk menambah jumlah mesin cuci.

Ketika usaha laundry Anda sudah berjalan, Anda harus melakukan promosi untuk mendapatkan konsumen. Nah, agar usaha laundry yang sudah berjalan semakin lancar, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Buatlah pembukuan sederhana. Hal ini untuk mencatat pengeluaran, laba serta pemasukan. Jadi, Anda bisa mengamati pergerakan keuangan usaha Anda secara detail dan terperinci.
  • Buatlah standar pencucian sampai penyetrikaan kain yang tinggi. Hal ini untuk memberikan tingkat kepuasan dan kepercayaan bagi konsumen Anda, sehingga kemungkinan besar mereka akan kembali mempercayakan pakaiannya ke usaha laundry Anda.
  • Promosi melalui brosur, leaflet, pamphlet dan spanduk. Media promosi ini juga bisa Anda tambah dengan melakukan promosi di dunia maya. Dan Anda tidak oleh hanya melakukan promosi pada awal pembukaan saja, buatlah promosi tertentu secara berkala agar konsumen semakin percaya dan loyal dengan usaha Anda.
  • Sabar. Anda harus tetap sabar dalam mendapatkan konsumen dan menghadapi pelanggan.
  • Usahakan jam buka Anda panjang, misalnya dari jam 07.00 sampai 22.00 WIB.
  • Utamakan kuailtas hasil cucian.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS