November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Faktor Penting Menjalankan Usaha Kuliner

By admin - Thu Aug 09, 4:20 pm

 

Menjalankan usaha kuliner tentunya membutuhkan pengaturan yang tepat untuk bisa maksimal dalam pencapaian. Menjalankan usaha kuliner yang baik dan akhirnya diminati oleh para konsumen. Sebenarnya, bukan hanya para konsumen saja yang ingin menikmati bermacam hidangan lezat, tetapi Anda sebagai pelaku usaha juga harus saling berebut pasar. Karena seiring dengan perkembangan bisnis, Anda harus mampu bersaing dengan para pesaing lain yang juga ingin merebut pasar Anda. Karena memang bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak ada matinya.

Menjalankan usaha kuliner

Memulai bisnis kuliner memang mudah tetapi resiko gulung tikarnya juga mudah. Untuk itulah Anda sebagai pelaku usaha di bidang kuliner harus lebih jeli dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada dan juga berani melakukan inovasi untuk menghasilkan karya yang berbeda. Hal ini sangat penting karena setiap hari tingkat persaingan selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Dan yang tidak berhasil menciptakan sesuatu yang “lebih” daripada yang lain pasti akan mengalami ending yang tidak diinginkan. Nah, untuk membantu Anda memulai usaha yang sukses di bidang kuliner, berikut ini adalah beberapa factor penting harus Anda ketahui.

Menjalankan usaha kuliner membutuhkan factor yang pertama, yaitu produk yang berkualitas. Produk yang berkualtas merupakan salah satu modal yang sangat penting untuk mampu memenangkan persaingan. Pada umumnya, kualitas makanan bisa dibagi menjadi dua kelas, yaitu perceive quality dan real quality. Untuk perceive quality, para produsen biasanya tidak hanya memperhatikan segi cita rasa makanan yang dihasilkan saja tetapi juga memperhitungkan factor kesehatan bagi para konsumennya. Sedangkan untuk real quality, produsen lebih mengutamakan cita rasa makanan yang dijual dan juga bahan baku yang digunakan.

Factor kedua adalah lokasi. Lokasi usaha merupakan factor pendukung yang sangat penting dan menentukan apakah usaha Anda pantas sukses atau masih perlu pembenahan. Tidak bisa dipungkiri jika lokasi yang strategis memang akan mempermudah para pelaku usaha untuk menjaring banyak konsumen. Tetapi walaupun demikian, Anda tidak perlu terlalu ngoyo untuk mencari tempat yang strategis yang berada di dekat mall atau di dekat jalan raya. Karena sejatinya yang dimaksud dengan lokasi strategis adalah tempat yang mempunyai kesesuaian antara target market dan juga makanan yang Anda tawarkan. Misalnya Anda menawarkan usaha burger mini, maka Anda bisa memilih lokasi di sekitar sekolah, perumahan ataupun kampus.

Menjalankan usaha kuliner juga membutuhkan factor penentu kesuksesan yang ketiga, yaitu dengan berusaha membentuk persepsi konsumen. Hal ini akan menjadi strategi untuk memperkenalkan bisnis makanan yang sedang Anda jalankan. Strategi ini nantinya akan menanamkan cirri khas atau citra merk di hati konsumen yang Anda bidik. Jadi, pastikan Anda memberikan layanan terbaik untuk konsumen Anda. Jangan lupakan inovasi baru dalam mengemas produk makanan Anda dan tawarkan jenis makanan yang sangat jarang atau belum ada sebelumnya.

Factor yang keempat adalah tidak ragu untuk mempromosikan bisnis makanan yang Anda jalankan. Karena factor ini seringkali diabaikan oleh para pelaku bisnis, maka Anda tidak boleh mengulangi hal yang sama. Anda harus benar-benar concern pada factor ini, karena promosi akan menjaring banyak konsumen baru. Anda bisa memasang iklan di media online, memasang spanduk, menyebar brosur, dan lain sebagainya. Factor kelima adalah dengan melengkapi bisnis Anda dengan standard operational procedure (SOP). Factor ini sangat penting, terlebih jika usaha Anda sudah berkembang semakin besar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS