September 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CFog - Humidity: 83%
Advertisement

Faktor Dalam Menentukan Harga

By admin - Thu Aug 09, 4:20 pm

 

Faktor dalam menentukan harga tidak bisa begitu saja dipungkiri. Faktor dalam menentukan harga akan membantu Anda untuk mendapatkan keputusan harga yang paling tepat. Karena memang peran harga yang sangat besar terhadap kesuksesan sebuah usaha. Di dalam proses penjualan, peran harga cukup mendominasi. Bahkan di pasaran, harga yang ditawarkan menjadi factor yang sangat penting untuk pertimbangan calon konsumen apakah akan membeli suatu barang atau tidak. Sehingga tidak heran jika penetapan harga suatu produk atau jasa merupakan suatu hal yang sangat riskan yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha. Pertimbangan ini tentu saja membutuhkan banyak factor.

Faktor dalam menentukan harga

Faktor pertama adalah dengan menentukan besarnya laba yang Anda inginkan. Ketika menentukan harga jual sebuah produk, kesalahan yang seringkali terjadi adalah para pelaku usaha lebih focus pada memikirkan besarnya biaya produksi daripada besarnya laba yang diinginkannya. Padahal hal inilah yang akhirnya menyebabkan kerugian yang cukup besar ketika mengawali sebuah usaha. Itulah sebabnya, sebelum Anda menentukan harga jual sebuah produk, Anda harus menentukan besarnya laba yang Anda inginkan agar Anda bisa menikmati keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.

Faktor dalam menentukan harga yang kedua adalah dengan menyesuaikan dengan kemampuan konsumen. Sebelum Anda menentukan dan menetapkan harga jual produk atau jasa Anda, sebaiknya Anda juga melihat kemampuan konsumen yang Anda bidik. Misalnya jika Anda membidik konsumen kelas bawah, maka Anda harus memprioritaskan produk atau jasa dengan harga murah. Tetapi sebaliknya, jika Anda membidik target market kalangan menengah ke atas, maka Anda juga harys peka terhadap barang atau jasa yang Anda tawarkan. Karena kalangan menengah atas akan memprioritaskan kualitas terhadap sesuatu. Untuk itulah, sebaiknya Anda melakukan survey pasar untuk mengamati kemampuan setiap konsumen.

Factor yang ketiga adalah dengan mempertimbangkan biaya produksi. Selain Anda memikirkan besarnya laba yang anda inginkan, Anda juga harus mempertimbangkan biaya produksi yang Anda butuhkan. Anda tidak cukup dengan melihat dan memperkirakan saja tetapi Anda harus mulai menghitungnya. Misalnya biaya transportasi (bensin), biaya sewa tempat, biaya promosi produk (kartu nama, brosur, internet, dan lain sebagainya). Anda perlu memperhatikan setiap kemungkinan pengeluaran yang akan Anda keluarkan. Hal ini agar hasil kerja keras Anda tidak hanya mendapatkan kerugian.

Faktor dalam menentukan harga yang keempat adalah dengan memperhatikan harga jual competitor. Kompetitor terkadang bisa menjadi alat ukur yang cukup efektif untuk bisa menentukan harga jual sebuah produk. Anda bisa membandingkan harga jual produk Anda dengan produk pesaing yang sebanding. Tetapi jika produk yang Anda jual mempunyai kelebihan dibandingkan dengan produk pesaing, Anda bisa memasarkan produk Anda dengan harga jual yang lebih mahal.

Factor yang kelima adalah dengan mengawasi pergerakan harga di pasaran. Setelah Anda melakukan launching produk ke pasaran, langkah yang harus Anda ambil selanjutnya adalah dengan memonitoring pergerakan harga secara berkelanjutan. Strategi ini sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda karena setiap harinya harga bahan baku mengalami pasang surut di pasaran dan tentu saja akan berpengaruh pada perubahan harga produk Anda nantinya. Untuk itulah Anda harus jeli dalam melihat perkembangan pasar dan harus pintar menyiasati keadaan. Dan apabila kondisinya memang sudah tidak memungkinkan untuk bertahan pada harga awal, Anda bisa menaikkannya. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement