November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Disiplin Mengelola Keuntungan Bisnis Kecil

By admin - Wed May 23, 5:07 pm

Disiplin mengelola keuntungan bisnis kecil sangat berpengaruh pada kondisi financial Anda. Disiplin mengelola keuntungan bisnis kecil bisa dilakukan dengan beberapa metode. Tidak sedikit usahawan yang pada akhirnya harus kocar kacir dalam pengelolaan bisnisnya, hanya karena sebuah permasalahan dari kegagalan mengatur keuangan bisnis. Memang memerlukan upaya yang keras dalam mengatur diri agar mampu disiplin dalam menerapkan metode pengaturan keuangan, jadi selain seorang usahawan mampu mempelajari dan menggali pengetahuannya, juga harus mampu menahan diri dalam menerapkannya. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk mengelola dan mengatur keuangan sebuah bisnis kecil bagi Anda. Tips pertama adalah menghitung dan membayar gaji usahawan sendiri. Saat seorang usahawan melakukan bisnisnya sendiri atau memimpin operasionalnya sendiri. Maka selayaknya masalah gaji ditentukan, baik dalam jumlah tetap atau dihitung atas dasar komisi dari omset bisnis. Sehingga keuangan bisnis lebih aman karena terlindungi. Tips kedua adalah keuntungan untuk lebih kuat. Sisihkan beberapa persen dari keuntungan untuk peningkatan stok bahan baku dan kapasitas produksi. ini sangat penting untuk menjamin dan meningkatkan omset produksi sejalan dengan strategi pemasaran yang meningkatkan nilai penjualan.

Disiplin mengelola keuntungan bisnis kecil bisa dilakukan dengan tips ketiga, yaitu bagi laba bersih untuk kemajuan, umumnya sebagai berikut:

  • 30% untuk peningkatan modal kerja.
  • 30% untuk simpanan modal tambahan.
  • 30% untuk investasi dalam hal penambahan alat kerja dan peningkatan kinerja.
  • 10% untuk usahawan dan karyawan sebagai bonus.

Tips keempat adalah bijaksana terhadap keuangan. Saat kepentingan pribadi membutuhkan keuangan, maka batasi hanya sampai gaji dan tabungan pribadi yang digunakan, jangan pernah melirik pada keuangan usaha atau bisnis kecil yang sedang dijalankan. Jika masih kurang tempuh cara lain dengan tetap tidak menyentuh keuangan usaha. Tips kelima adalah menerapkan sikap sangat disiplin. Semua usaha yang berhasil maju dan mampu berkembang merupakan buah dari sikap disiplin seorang usahawannya. Ingat bisnis yang dibangun tentu dengan pengorbanan yang besar, namun seorang usahawan hanya cukup membayarnya dengan disiplin terhadap keuangan perusahaan.

Disiplin mengelola keuntungan bisnis kecil dan konsisten menjaganya sudah merupakan sebuah kesuksesan 50%. Tips keenam adalah dengan membuat buku catatan keuangan. Bisnis tidak cukup dikelola berdasarkan ingatan, melainkan dengan catatan yang lengkap. Minimal anda wajib memiliki buku kas yang mencatat keluar masuknya uang. Lalu cocokkan setiap hari saldo uang dengan catatan anda. Ini untuk mengontrol lalu lintas uang dan memastikan tidak ada uang yang terselip. Selanjutnya tingkatkan kemampuan administrasi anda untuk mencatat penjualan dan biaya-biaya. Tidak kalah penting, anda juga harus mencatat saldo-saldo hutang piutang, persediaan dan aset-aset tetap anda. Jika mampu, gunakan sistem komputer untuk memudahkan proses pencatatan. Dan alangkah lebih baik lagi jika anda bisa menerapkan sistem akuntansi yang memadai.

Tips ketujuh adalah awasi harta, hutang dan modal. Secara berkala, Anda perlu memeriksa persediaan di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik. Namun sebelum Anda bisa melakukan itu, Anda perlu mempunyai administrasi yang memadai untuk mengontrol semua itu. Hal yang sama perlu Anda lakukan terhadap piutang-piutang kepada pembeli dan tagihan-tagihan dari suplier. Anda tidak mau ada tagihan yang macet atau kedobelan membayar kepada suplier gara-gara catatan Anda berantakan. Jika Anda tidak mampu melakukan semua itu sendiri, Anda dapat mempekerjakan bagian keuangan dan menetapkan prosedur keuangan yang cukup untuk memastikan bahwa harta kekayaan usaha Anda selalu terjaga dengan baik.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS