December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Dataran Rendah Pun Patut Mencoba Usaha Sayuran

By admin1 - Mon May 12, 3:48 pm

Sayuran di dataran rendah juga tak kalah menggiurkan dengan sayuran yang ada di dataran tinggi. Sayuran di dataran rendah sebenarnya mengadaptasi budidaya sayuran di dataran tinggi. Karena kemajuan teknologi, sayuran yang tadinya hanya dibudidayakan di dataran tinggi sekarang sudah bisa ditanam di dataran rendah. Beberapa contoh sayuran yang bisa dibudidayakan di dataran rendah adalah selada, sawi, kubis, jagung manis dan kembang kol. Jenis sayuran ini sudah banyak dibudidayakan di dataran rendah yaitu di ketinggian 5-200 meter dari permukaan laut.

Sayuran di dataran rendahMengapa harus mencoba usaha sayur-mayur? Bisa dikatakan bahwa sayur-mayur merupakan salah satu bahan makanan utama yang selalu dikonsumsi masyarakat setiap harinya. Sayur-mayur mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga ketika Anda membudidayakan dan menjual sayur-mayur, pasti masyarakat akan memburu sayur-mayur yang Anda jual, tetapi pastikan produk yang Anda jual berkualitas bagus. Permintaan masyarakat akan sayur-mayur terus menerus naik dari hari ke hari, entah itu sayur dengan proses penanaman biasa atau organik. Inilah yang akhirnya membuat banyak petani yang beralih dari tanaman palawija ke budidaya sayur. Tetapi Anda juga harus waspada karena persaingan bisnisnya juga sangat tinggi.

Sayuran di dataran rendah yang banyak digemari oleh masyarakat dan mudah dibudidayakan adalah bayam (Amaranthus spp). Sayuran yang satu ini juga mempunyai kandungan yang tinggi akan protein nabati. Sayur ini tidak hanya dihidangkan sebagai hidangan harian tetapi juga bisa diolah sebagai makanan mewah. Selain dikonsumsi, bayam juga bisa diolah menjadi obat baik luar maupun dalam (dalam batas tertentu). Untuk mengobati penyakit eksim dan asma bisa menggunakan daun dan bunga bayam duri. Bayam juga bisa menjadi bahan kosmetik dan mengatasi pendarahan berlebih dan keputihan pada wanita.

Jika Anda berniat untuk membudidayakan bayam, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Iklim. Usahakan tanaman bayam jangan terlalu banyak terkena angin kencang karena bisa merobohkan tanaman bayam; usahakan tanam di daerah yang mempunyai curah hujan tinggi yaitu lebih dari 1.500 mm/ tahun; pastikan tanaman banyak mendapatkan sinar matahari penuh; kelembabannya antara 40-60%; dan suhu ideal untuk tanaman bayam sekitar 16-20 derajat celcius.
  • Media penanaman. Sayuran di dataran rendah yang aslinya dari dataran tinggi benar-benar harus memperhatikan media penanamannya. Tanaman bayam sendiri cocok dengan tipe tanah subur dan gembur; pH tanah harus cocok yaitu antara 6-7; harus memperhatikan ketersediaan air di dalam tanah karena bayam membutuhkan banyak air. Untuk mulai menanam bayam, disarankan untuk mulai pada awal musim hujan atau bisa juga akhir musim kemarau.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513