November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Dasar Mengembangkan Bisnis

By admin - Tue Feb 21, 2:22 pm

Mengembangkan bisnis harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mengembangkannya kea rah yang lebih baik. Mengembangkan bisnis harus mematuhi beberapa dasar yang bisa Anda jadikan pegangan. Pertama, create a brilliant business plan. Ketika akan berniat memulai, mengembangkan dan meluaskan usaha, Anda membutuhkan perencanaan yang hati-hati dan terencana dengan baik. Makanya, pastikan terlebih dahulu semua faktor yang berkaitan, mulai dari modal, asset, faktor logistik dan bahkan komitmen emosional akan kesiapan Anda. Sebagai langkah awal, Anda mesti cermat menemukan peluang yang dapat menguntungkan bisnis, pintar membaca siklus pasar, tren yang berlaku dan memprediksi tren berikut.

Ini juga berarti dalam menentukan lokasi, kalau bisa cari yang belum terjamah pesaing. Merancang rencana bisnis tak melulu menghitung modal awal dan untung yang diperoleh, sebab ada beberapa hal dalam bisnis yang mewajibkan Anda untuk “buang uang”, seperti budget promosi dan publikasi. Kedua, business development strategies: keep it simple. Setelah semuanya telah dipikirkan dan dipersiapkan dengan sempurna, langkah berikut adalah cermati lebih spesifik tentang apa yang mampu Anda tawarkan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang sehat. Bila yang Anda inginkan adalah sebuah lahan bisnis yang bertahan bukan sekadar “one hit wonder” yang seumur jagung belaka, penting lebih dulu memilih bahan baku yang memang diperlukan untuk bisnis yang stabil.

Mengembangkan bisnis

Mengembangkan bisnis dengan dasar kedua tersebut juga harus didukung oleh beberapa factor, diantaranya:

  1. Adopsilah sebuah etika bisnis yang baik. Sediakan kualitas produk yang konsisten dengan harga yang sesuai, ingat konsumen sekarang lebih pintar, mereka akan “lari” jika tahu telah ditipu oleh Anda, dan percayalah tak perlu waktu lama bagi mereka untuk meruntuhkan image produk Anda.
  2. Menuntaskan perjanjian yang saling menguntungkan dengan pelanggan dan penyelia akan memberikan reputasi yang baik dan publikasi gratis bagi produk Anda.
  3. Tingkatkan standar layanan. Sebab pelanggan yang kembali adalah mereka yang merasa puas. Jika terpikir untuk memperluaskan networking, pastikan Anda memang mampu mempertahankan jaringan klien yang telah Anda. Singkatnya jangan pernah meremehkan efek dari service after sale, sebab ini perlu.
  4. Berusahalah agar langkah Anda selalu mengikuti gerak dari perkembangan pasar dan pesaing. Ciptakan selalu inovasi untuk memperbaharui strategi pemasaran dan penawaran produk. Sehingga pada akhirnya produk terbaru dan terbaiklah yang Anda persembahkan untuk pasar.
  5. Produk yang unik dan berbeda akan lebih cepat dalam mencuri perhatian khalayak. Selalu jaga speciality produk, meski ada yang meniru namun tetap tidak dapat mutlak sama.

Dasar ketiga yang harus Anda patuhi adalah small business to middle business. Ketika sudah selesai dalam mempertimbangkan dasar-dasar menjalankan bisnis, sadarilah bahwa setiap tahap perkembangan menuntut pergeseran dalam masing-masing area yang berbeda. Jika bisnis kecil Anda kelak ingin diarahkan lebih luas lagi, membuka cabang dan peningkatan jumlah produk, kemungkinan “pembengkakan” biaya jangan luput untuk dipersiapkan. Agar lebih aman, kembangkanlah bisnis perlahan, agar jika ternyata gagal di tengah jalan, kerugian Anda tak membuat bisnis inti ikut merugi.

Mengembangkan bisnis juga membutuhkan dasar keempat, yaitu ready to make it big. Ketika bisnis Anda telah “selamat” sampai pada kualifikasi bisnis middle up, maka itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan perkembangan lebih luas lagi, more bigger more profit they say. Bila begitu, ada dua hal yang patut Anda jadikan perhatian utama yaitu kondisi keuangan dan sumber daya manusia. 

Mengatasi perubahan keuangan pada awalnya memang merupakan bagian yang sulit, dikarenakan ekspansi pastinya membutuhkan dana yang tak sedikit. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mendanainya, yaitu bisa meminjam dari Bank, tapi ingat langkah ini pun akan menimbulkan sejumlah beban bunga yang harus ditanggung, yang akan berpengaruh pada keuntungan. Banyak orang memilih untuk mencari partner demi dana atau seseorang yang memiliki keahlian dan fasilitas yang dibutuhkan untuk berkembang. Cara lain adalah mencari franchise dan raup keuntungan dari gagasan bisnis Anda. SDM merupakan kunci utama pada tahap ini. Anda harus jeli dan memiliki insting yang kuat dalam menemukan orang yang tepat untuk mengatur berjalannya bisnis untuk operasional sehari-hari. Sebenarnya untuk menyederhanakan teori ini, sama saja seperti ketika Anda sedang mengatur meja kerja agar kembali rapih, Anda harus berkonsentrasi dalam menyortir mana yang perlu dan mana yang akan berakhir di dalam kantong sampah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS