November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Dampak Konsep Marketing Tradisional Terhadap Penjualan Online

By admin - Mon Apr 30, 4:51 pm

Penjualan online belakangan semakin menjamur karena keunggulannya yang sangat menggiurkan. Penjualan online bisa dilakukan dengan asal-asalan maupun dengan konsep marketing yang jelas. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mempraktikkan cara yang kedua. Kebanyakan dari perusahaan mengira bahwa situs web adalah segalanya dalam dunia pemasaran di internet, padahal situs web hanyalah bagian kecil dari pemasaran di dunia maya. Banyak perusahaan termasuk di Indonesia sebenarnya mampu dan memiliki budget untuk melakukan itu. Namun sayang sekali mereka tidak kompeten untuk melakukan itu, namun mereka berupaya menjangkau dunia online hanya dengan metode pemasaran tradisional.

Penjualan online

Selain itu situs web bukanlah segalanya dalam pemasaran internet, itu hanyalah bagian terkecil dari pemasaran internet. Semakin banyak perusahaan akan go internet dan tidak akan ada perusahaan yang tidak go internet bila mereka tidak ingin punah (walau ini bukan jaminan kalau mereka tidak mengetahui kekuatan dari strategi pemasaran di dunia online). Pertimbangkan konsep pemasaran tradisional yaitu, market segmentation.segmentasi pasar. Yaitu suatu metode untuk mengenali sekelompok konsumen, di dalam suatu pasar yang lebih luas, yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang  mirip.

Penjualan online juga tetap mempunyai konsep pemasaran yang tidak kalan sukses dengan pemasaran tradisional tersebut. Karena sekarang dengan meledaknya pertumbuhan internet, seluruh dunia bisa menjadi pasar kita yaitu, "sekelompok konsumen" yang dapat dijumpai secara online. Untuk dapat mengidentifikasi segmen pasar yang baru ini mengharuskan Anda untuk mengenali dan mengimplementasi berbagai macam strategi dan teknik baru sebagai tambahan dari strategi pemasaran konvensional.

Lalu sebenarnya apa itu pemasaran internet? Bagaimana ini sebenarnya berbeda dengan konsep pemasaran tradisional? Beberapa di antaranya mencakup perencanaan strategi, analisa situasi, analisa customer, pengembangan pasar dan produk, positioning, juga 5P yang berbeda, penetapan harga, distribusi produk dan promosi online. Akan tetapi memang, banyak dari prinsip, teknik, dan taktik dari pemasaran internet berakar dari strategi pemasaran tradisional namun dengan implementasi yang berbeda. Jadi agar promosi dan bisnis internet Anda berhasil, Anda harus mengenal konsep strategi pemasaran konvensional.

Penjualan online juga harus didukung oleh landscape bisnis internet. Itu adalah pemasaran pesan-pesan iklan melalui media promosi Internet jenis classified, promosi berbasis testimonial di situs web, pemasaran melalui situs pencari, pemasaran dan pembelian berbasis pay per click, viral marketing, affiliate marketing, URL marketing, email marketing, online pressreleases. Banyak sekali ruang lingkupnya. Dengan demikian, seharusnya penjualan internet harus dimasukkan ke dalam bagian dari marketing mix dari setiap perusahaan. Atau intinya pemasaran internet didefinisikan sebagai kombinasi dari prinsip pemasaran tradisional dan metode pemasaran interaktif yang diterapkan untuk memenuhi kebutuhan dari customer. Karena itu para professional pemasaran tradisional perlu mendapatkan pelatihan tambahan untuk bisa memenuhi dan mengerti kebutuhan dari customer online untuk menjadi e-marketer yang cakap.

Karena itu disarankan agar perusahaan-perusahaan di Indonesia juga harus menekankan dunia pemasaran yang satu ini. Paling tidak idealnya, harus ada staf pemasaran yang didedikasikan khusus untuk konsumen online walaupun mereka pun harus disinergikan antara off dan online. Juga harus dibedakan bahwa pemasaran internet itu harus dilakuan oleh orang-orang marketing yang mengerti pemasaran tradisional juga, jadi bukan dilakukan oleh orang-orang dari departemen TI yang tidak mengerti dunia pemasaran secara umum. Paling tidak orang TI adalah tenaga operasionalnya dan orang marketing adalah komando strategi pemasarannya. Jadi para e-Marketer harus mengomandani para pakar teknologi dan grafis, karena mereka tidak tahu menahu bahkan konsep pemasaran tradisional apalagi prinsip pemasaran online yang terkandung di dalamnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS