November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Contoh Peluang Usaha dengan Modal Kecil

By admin - Wed Mar 05, 10:26 pm

Usaha dengan modal kecil bisa mengawali kesuksesan seseorang. Usaha dengan modal kecil bisa dikatakan sebagai pembuka untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan. Niat menjadi wirausahawan biasanya terganjal oleh modal usaha. Tetapi tidak semua orang mempunyai modal yang cukup banyak untuk memulai sebuah usaha yang diimpikan. Kemauan keras dan pantang menyerah tentunya juga sangat berpengaruh pada kesuksesan seorang wirausaha.

Usaha dengan modal kecilWalaupun modal yang Anda miliki tidak besar, Anda bisa mencoba bisnis lain yang cukup hanya dengan modal yang terbatas, antara lain:

  • Bisnis kuliner. Bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk mengeluarkan modal besar. Karena dalam bisnis ini, yang harus Anda miliki sebagai modal utama adalah keahlian dan ide untuk menciptakan sesuatu yang baru dan enak, baik untuk makanan maupun minuman. Anda bisa mengawali bisnis kuliner dengan modal minimal Rp 5 juta. Dengan modal ini, Anda bisa membeli bahan baku kemudian mengolahnya menjadi makanan dan minuman yang bisa menghasilkan keuntungan. Usaha kuliner tidak harus makanan berat, karena makanan ringan juga bisa menghasilkan keuntungan yang tak kalah besar, misalnya aneka gorengan, aneka keripik, ayam goreng tepung, dan lain sebagainya. Untuk minuman, Anda bisa berkreasi dengan bahan tertentu, misalnya sari buah berry. Anda bisa membuat minuman seperti Oatmeal’s berry yang manis menyegarkan. Perhatikan harga bahan baku dengan harga jual untuk menentukan keuntungan. Hiasan toko atau lokasi berjualan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen.
  • Bisnis pulsa. Usaha dengan modal kecil yang satu ini banyak sekali peminatnya tetapi tidak pernah sepi konsumen. Yang dibutuhkan sebagai modal awal adalah deposit pulsa, handphone dan kios kecil (optional). Misalnya Anda mempunyai modal Rp 5 juta, maka Anda bisa membagi modal tersebut untuk: 2,5 juta untuk deposit pulsa sedangkan sisanya untuk aksesoris handphone dan kartu perdana berbagai provider. Hiaslah kios semenarik mungkin untuk menarik konsumen.
  • Bisnis laundry. Modal utama yang harus Anda miliki adalah mesin cuci, pewangi, detergen dan setrika. Untuk membuka usaha ini, Anda bisa membuka bagian dari rumah Anda. Jika modal Anda Rp 5 juta, maka bisa Anda gunakan untuk membeli 2 mesin cuci dengan masing-masing unit yang berkapasitas 9,5 kg dengan kisaran harga Rp 1,8 juta/ unit. Selebihnya, Anda bisa membeli detergen, pewangi dan setrika.
  • Bisnis pakaian. Usaha dengan modal kecil yang satu ini juga bisa dijalankan dengan bermodalkan Rp 5 juta. Caranya adalah dengan membeli pakaian dalam partai besar di pusat produksi untuk kemudian Anda jual kembali. Opsi lain, Anda juga bisa membeli bahan/ kain kemudian menjahitnya sesuai dengan tren yang sedang booming. Cara yang kedua sangat cocok untuk Anda yang mempunyai keahlian menjahit dan keuntungan yang didapatpun akan semakin besar.

Jasa pengetikan atau terjemahan. Dengan modal Rp 5 juta, Anda bisa membeli PC dan printer plus scanner. Manfaatkan keahlian Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS