November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cobalah Untuk Membidik Pangsa Pasar dengan Tepat

By admin - Thu Apr 18, 4:23 pm

Membidik pangsa pasar penting untuk membangun bisnis baru maupun mengembangkan bisnis yang sudah berjalan. Membidik pangsa pasar adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap pelaku usaha. Seorang pelaku usaha harus bisa bersikap lebih jeli dan teliti untuk membidik target market atau calon konsumennya. Karena dengan membidik target market yang jelas, sebuah usaha bisa menentukan produk apa yang sesuai untuk dipasarkan dan kemudian bisa menyesuaikan keunggulan produknya dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen.

Membidik pangsa pasarJadi, untuk strategi marketing, hal ini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan sebuah bisnis, mengingat target market adalah sekelompok prospek (calon konsumen) yang mempunyai daya beli cukup tinggi dan bisa menjadi calon konsumen potensial untuk melakukan transaksi penjualan untuk bisnis Anda. Itulah mengapa dengan membidik pangsa pasar yang tepat sangat menentukan sukses atau tidaknya suatu usaha, apakah akan mendatangkan untung besar atau tidak. Ini dia cara tepat untuk membidik pangsa pasar:

  • Pastikan target market yang Anda inginakn cukup spesifik. Jangan termakan kata-kata produk untuk semua kalangan. Karena ‘semua kalangan’ mempunyai cakupan yang sangat luas. Sebaiknya Anda mulai merencanakan target market yang lebih spesifik untuk memenangkan persaingan pasar dan mengoptimalkan keunggulan produk yang Anda miliki. Misalnya Anda membuka kafe bernuansa modern untuk membidik kalangan anak muda di sekitar kampus. Dengan melihat target market yang jelas dan terarah, maka Anda juga bisa lebih memahami keinginan dan kebutuhan target market Anda tersebut.
  • Bidik target market yang sudah Anda kenal. Membidik pangsa pasar yang sudah Anda kenal tentunya akan lebih memudahkan Anda untuk memenangkan persaingan pasar. Jikalau sebelumnya Anda masih belum dekat dengan target market yang ingin Anda bidik, sebaiknya Anda mulai bisa memahami betul apa saja keinginan dan kebutuhan konsumen di lapangan. Misalnya jika seorang mahasiswa ingin membuka sebuah usaha, maka target market yang sangat ideal adalah kalangan mahasiswa sendiri. Jadi, apa yang dipikirkan, diinginakan dan dibutuhkan oleh target market sudah terekam kuat di dalam pikiran Anda. Sehingga bisa dengan lebih mudah melayani konsumen sesuai harapan mereka.
  • Utamakan target market yang terjangkau. Membidik pangsa pasar juga bisa dilakukan dengan bantuan internet. Peran internet sangat besar terkait dengan perannya untuk memudahkan para pelaku usaha untuk bisa menembus jarak dan waktu. Selain itu, cara yang dilakukan juga terbilang mudah dan murah jika dibandingkan dengan cara-cara konvensional. Tetapi agar tidak terkesan terlalu muluk-muluk, sebaiknya Anda membuat target pasar yang mudah dijangkau terlebih dahulu atau target market local sebelum akhirnya Anda melakukan ekspansi ke pasar Nasional dan Internasional.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS