November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ciptakan Rasa Nyaman di Kantor

By admin - Fri Jan 06, 3:15 pm

  • Comments Off on Ciptakan Rasa Nyaman di Kantor
  • 592 views
  • Email
  • Print

 

Menciptakan rasa nyaman di kantor dimulai pada diri sendiri karena membahagiakan diri pun bisa dilakukan di tempat kerja Anda. Anda bisa menciptakan rasa nyaman di kantor bila Anda berbahagia dengan pekerjaan yang Anda tekuni. Pada dasarnya, bahagia berasal dari diri sendiri, baik itu kebahagiaan menyangkut kebutuhan pribadi hingga pekerjaan Anda. Dengan mencapai kepuasan kerja, berarti Anda bahagia dengan pekerjaan yang Anda jalani saat ini.

Setelah diri sendiri, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada kebahagiaan dan mood Anda. Lakukanlah beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan performa dan mood Anda. Tip pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan meletakkan bunga di dekat meja. Ini adalah cara terbaik untuk mendongkrak mood. Jadi warnai meja Anda tidak hanya dengan beragam stabil, tapi juga keberadaan bunga. Beberapa penelitian menunjukkan, dengan adanya bunga di area meja kerja akan memberikan ide-ide birllian dan kreatif tingkat tinggi ketimbang meja polos tanpa ornamen apapun.

Tips kedua untuk mendongkrak rasa nyaman di kantor adalah berikan pujian untuk atasan. Ketika Anda pergi bersamaan dengan atasan di tempat parkir misalnya, buatlah kedekatan selama sekira 90 detik dengan menatap wajahnya sambil mengatakan padanya, betapa Anda menikmati pekerjaan dan proyek yang sedang Anda jalani saat ini. Pujian ini merupakan sebuah bentuk kepuasan kerja sekaligus mengurangi kelelahan emosional yang menghantui Anda. Hal ini penting untuk dilakukan bukan terkait dengan maksud mencari muka di depan atasan, tetapi lebih tepatnya bentuk kepuasan Anda merasa nyaman dengan sinergi kerja bersamanya. Pasalnya jika bos Anda menyukai Anda, maka dia pun bakal memertahankan Anda dan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik.

Tips ketiga adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan sepulang kerja. Pekerjaan harian Anda cukup membuat Anda stres bukan kepalang? Cara terbaik untuk menghapus kelelahan itu adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti kencan dengan pasangan usai jam kerja. Studi ini menunjukkan, bahwa melakukan hal yang menyenangkan sanggup mengusir efek stres hingga sepekan. Tips keempat adalah makan siang dan bergaul dengan rekan kerja setiap Jum’at. Anda bisa menikmati jam-jam santai dengan mereka, mulai dari menikmati es, makan di sebuah restoran atau hangout di kafe bersama rekan-rekan kerja, maka Anda pun akan terasa lebih bahagia. Tips kelima adalah berkomitmen dengan pekerjaan yang Anda tekuni. Penelitian menegaskan semakin besar komitmen Anda terhadap pekerjaan, maka tingkat stres pun kian melambung. Untuk meredakannya, gunakan waktu seefektif mungkin dan berikan sedikit jeda di sela-sela pekerjaan Anda untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan dan membuat hidup lebih seimbang.

Tips keenam dalam meningkatkan rasa nyaman di kantor adalah tidak menerapkan peran ‘multitasking’. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa hasil pekerjaan terbaik dapat dilakukan ketika seseorang itu fokus pada satu hal dan tidak bersikap multitasking. Misalnya saja, mengerjakan pekerjaan sambil main Facebook atau Twitter, atau mengetik sambil menerima telepon dan sebagainya. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kelelahan tinggi. Ini bukan berarti Anda tidak diperbolehkan multitasking, tapi setidaknya dalam melakukan pekerjaan, maka lakukanlah dengan cara yang menyenangkan dan tidak mengganggu kinerja Anda.

Kemudian Anda bisa berselancar di situs-situs humor. Penelitian membuktikan bahwa karyawan akan melakukan pekerjaan terbaik ketika mereka dalam suasana hati yang positif. Jadi, menghabiskan waktu beberapa menit dengan berselancar di situs humor juga dapat menjadi alternatif terbaik. Tips terakhir adalah rencanakan liburan. Studi menunjukkan, bahwa liburan bisa mendatangkan kebahagiaan pada seseorang. Jadi, segera rencanakan sejumlah perjalanan mini yang menyenangkan dan membuat pikiran menjadi rileks. Hasilnya, kerja pun menjadi bersemangat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Ciptakan Rasa Nyaman di Kantor