November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ciptakan Peluang Usaha

By admin - Mon Sep 24, 4:56 pm

 

Peluang usaha bukan untuk ditunggu tetapi untuk dicari dan diciptakan. Peluang usaha bahkan bisa dicari di sekitar lingkungan Anda. Akhir-akhir ini, semakin banyak karyawan yang ingin menjadi seorang pengusaha karena terpaku pada rasa bosan akibat pekerjaan monoton yang dilakukan setiap hari dan juga keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nah, yang sering terjadi adalah apabila mereka ditanya mengenai bisnis apa yang ingin dijalankan, mereka masih bingung. Jawaban yang mengikuti alasan itu adalah “belum dapat peluang yang pas”. Alasan itu sering sekali digunakan oleh banyak orang ketika mereka menunggu adanya sebuah peluang.

Peluang usaha

Pada kenyataannya, jika Anda hanya menunggu datangnya peluang, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa maju. Ketahuilah bahwa sesungguhnya peluang itu tidak sellau datang dengan sendirinya. Sebuah peluang akan datang ketika Anda berusaha untuk mencari dan juga menciptakannya. Misalnya ada seorang pelaku usaha yang menciptakan sebuah ide ketika dia sedang menhadapi masalah. Umumnya, orang akan melihat masalah sebagai cobaan. Tetapi sebagai seorang entrepreneur, sebuah masalah harus diatasi dengan mencari solusi yang tepat. Dia akan berpikir bahwa sebuah masalah akan memberikan satu peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya. Lalu bagaimana caranya untuk menciptakan sebuah peluang bisnis? Berikut tips yang bisa Anda coba.

  1. Peluang usaha bisa diciptakan dari masalah yang sedang menghadang di lingkungan sekitar. Tentunya Anda harus memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Nah, nantinya solusi yang Anda tawarkan akan menjadi idea tau peluang bisnis untuk Anda. Dan Anda juga akan dengan mudah mendapatkan pangsa pasar.
  2. Anda bisa menggeser para pesaing, mampu menghancurkan market leader yang sudah ada dan juga bisa melengkapi kekurangan produk yang ada di pasaran.
  3. Nah, setelah Anda mendapatkan beberapa idea tau peluang bisnis, maka untuk tahap selanjutny Anda harus membuat daftar dari peluang tersebut. Kemudian pilihlah tiga peluang bisnis yang paling berpotensi untuk Anda ciptakan.
  4. Tuliskan peluang-peluang tersebut beserta target waktu yang Anda tetapkan pada sebuah kertas besar. Ingat, jangan hanya mengingat-ingat peluang tersebut karena Anda bisa lupa dan bisa saja lalai. Kemudian kertas yang sudah ditulisi tersebut harus ditempel di tempat-tempat atau sudut ruangan yang sering Anda lewati atau masuki sehingga Anda akan lebih dan lebih banyak membacanya. Jangan lupa juga untuk menambahkan visi dan kata-kata lain yang bisa memotivasi Anda.
  5. Mulai ambil keputusan tentang peluang mana yang akan Anda tekuni terlebih dahulu. Kemudian mulailah bergerak dan cari segala informasi yang berhubungan dengan peluang bisnis tersebut.
  6. Jangan pernah takut untuk mencoba. Cobalah untuk menghilangkan rasa ragu dan takut yang ada. Karena hal ini hanya akan menghambat kesuksesan Anda.
  7. Mulailah menciptakan kesuksesan dari usaha kecil terlebih dahulu. Karena dengan kesuksesan kecil, rasa percaya diri Anda juga akan bertambah serta akan mengurangi rasa takut yang ada di dalam diri Anda. Kemudian mulailah untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Peluang usaha ada di sekitar Anda. Untuk itulah, Anda jangan pernah berhenti untuk mencari dan juga mengamati semua celah yang memungkinkan untuk Anda jadikan sebagai peluang usaha. Percayalah bahwa peluang tidak akan datang secara tiba-tiba. Anda membutuhkan usaha dan ide untuk membawanya bersama Anda. Semoga berhasil dan salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS