November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cerdas Memanfaatkan Bisnis di Internet

By admin - Tue Jan 24, 4:46 pm

  • Comments Off on Cerdas Memanfaatkan Bisnis di Internet
  • 455 views
  • Email
  • Print

Bisnis di internet memang menjanjikan tetapi Anda juga tidak boleh terlalu gegabah dalam menjalankannya. Bisnis di internet memang merupakan kesempatan emas di jaman sekarang. Karena perkembangan jumlah pengguna internet di dunia terus mengalami peningkatan yang luar biasa, bahkan Indonesia termasuk Negara yang mencatat peningkatan luar biasa berkaitan dengan jumlah pengguna internet. Oleh karena itu, bagi Anda yang bingung untuk mencari cara atau jenis usaha yang paling menjanjikan, maka usaha di internet menjadi salah satu alternative yang dapat Anda ambil.

Bisnis jenis ini juga bermacam-macam bentuknya dari mulai menjajakan barang atau produk melalui media internet, sampai mengelola sebuah website. Tetapi pada dasarnya semuanya sama, yaitu berjualan. Perbedaan mendasar antara peluang bisnis yang lain dengan peluang bisnis di dunia maya ini adalah mengenai media yang digunakan. Yaitu menggunakan media computer terutama akses internet dan system marketing manual. Perbedaan lain juga terdapat pada jangkauan pasar. Peluang pasar bisnis ini lebih mempunyai prospek pasar yang lebih baik dan lebih luas dan tidak dibatasi jarak dan waktu. Sedangkan marketing system manual memiliki limitasi jarak dan waktu. Memanfaatkan peluang usaha di dunia maya ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Sedangkan system pemasaran manual membutuhkan permodalan yang cukup besar terutama untuk menjalankan proses marketing. Maka dari itu, sekarang banyak perusahaan besar terkemuka di dunia yang menggunakan internet sebagai jembatan untukmenghubungkan mereka dengan konsumen.

Bisnis di internet juga bisa dimanfaatkan oleh bisnis-bisnis yang tergolong usaha kecil menengah untuk mengembangkan sayap. Karena dengan efektifitas serta efisiensi online marketing membuat cara ini benar-benar menguntungkan. Salah satu bisnis di dunia yang mulai ramai adalah online shop. Mungkin Anda pun pernah terpikir untuk membuat online shop, tetapi masih bingung bagaimana caranya. Belanja online secara perlahan menjadi gaya hidup masyarakat kita. Banyak keuntungan bagi orang yang berbelanja via internet. Misalnya, terhindar dari kemacetan dan tak perlu ongkos taksi. Sebagian orang juga suka sungkan kalau menawar barang tapi tidak jadi beli. Nah, dengan belanja online kemungkinan seperti itu nyaris tidak ada. Kalau pun ada tawar-menawar biasanya cukup dilakukan via email atau chatting saja.

Jika menilik data Google Insight (2009), selain toko buku dan toko komputer, banyak pengguna internet yang berburu toko baju murah dan toko sepeda online. Sedangkan tahun 2008, pencarian tertinggi adalah untuk toko bayi online, toko tas online, serta toko sepatu online. Dengan tren seperti itu, membuat toko online masih cukup menjanjikan. Asal, kita bisa menemukan ceruk pasar yang tepat dan mungkin yang tingkat persaingannya masih rendah. Nah, jika Anda berniat memulai toko di dunia maya berikut 5 pilihan untuk membuat online shop secara gratis. Yang pertama adalah membuka toko online dengan blog gratisan. Banyak orang menggunakan blog gratisan untuk jualan di internet. Keuntungannya, Anda tidak perlu keluar biaya untuk membuka account. Kecuali jika Anda mau desain yang lebih sesuai selera diperlukan ongkos untuk memesan desain yang khusus. Blog gratisan yang banyak dipakai untuk membuka toko online: Multiply, Blogger dan WordPress.

Bisnis di internet dengan menciptakan online shop juga bisa dengan Mall Online. Potensi pasar yang makin membesar telah mendorong munculnya beberapa mall online lokal seperti Tokopedia.com, TokoBagus.com, dan Plasa.com milik Telkom. Yang ketiga adalah membuka lapak di Forum Jual Beli. Jualan lewat forum sebenarnya tidak mirip toko. Karena itu, para penjual lebih senang menyebutnya lapak. Forum jual beli di Kaskus contoh yang cukup populer. Tetapi jika produk anda spesifik, Anda juga bisa masuk forum khusus seperti produk fotografi di bursa fotografi.net.

Yang keempat adalah membuka toko di situs jejaring social. Anda juga bisa berjualan lewat situs jejaring sosial. Jika Anda punya account facebook, Anda bisa berjualan lewat marketplace (meskipun fitur ini tidak begitu populer). Untuk memajang produk, bisa menggunakan aplikasi facebook atau menggunakan fitur default seperti album. Kelebihannya Anda bisa berjualan kepada mereka yang berada di dalam jaringan pertemanan Anda. Tetapi, karena situs seperti ini biasanya memblok mesin mencari Anda akan sulit menarik calon pembeli dari search engine. Kelima adalah membuka toko di Direktori Bisnis. Ini adalah model yang paling lama. Tetapi jangan khawatir, direktori bisnis yang tadinya lebih mirip iklan baris atau tepatnya situs untuk memasang profil usaha, sekrang juga sudah dilengkapi fitur untuk memajang produk. Di Indonesia yang tergolong senior seperti indonetwork.co.id. Anda bisa mendaftar gratis untuk membuka account biasa di sini.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Cerdas Memanfaatkan Bisnis di Internet