November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cerdas Berbisnis Kue Kering Saat Lebaran

By admin - Wed Aug 15, 9:29 am

 

Bisnis kue kering bisa jadi adalah salah satu peluang bisnis yang paling menggiurkan menjelang Lebaran. Bisnis kue kering sangat diminati oleh konsumen. Anda bisa menjual beragam jenis kue dan roti yang berbeda dari yang ada di pasaran. Khusus untuk menjelang Lebaran, biasanya pesanan akan semakin meningkat tajam, terlebih jika Anda sudah mempunyai nama di pasar kue kering. Jika setiap bulan-bulan biasa keuntungan Anda normal, maka pada saat menjelang Ramadhan sampai Lebaran, keuntungan Anda kemungkinan besar akan melonjak tajam. Jadi, tidak heran jika banyak sekali produsen kue kering yang bisa mengantongi omset sampai jutaan rupiah dari bisnis ini.

Bisnis kue kering

Selain menjanjikan keuntungan yang besar, bisnis ini juga menjanjikan teknik yang mudah untuk dipelajari. Selain itu, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Factor-faktor tersebut lah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk memulai bisnis ini. Entah dipilih sebagai bisnis utama atau bisnis musiman, bisnis ini tetap menjanjikan keuntungan yang tinggi. Karena prospek yang ada di masyarakat masih tersebar luas terutama di moment-moment special, misalnya Lebaran, dan lain sebagainya.

Bisnis kue kering bisa dilakukan dengan beberapa cara cerdas untuk diperhatikan agar bisa memenangkan persaingan pasar. Cara pertama adalah dengan memperhatikan daur hidup produk. Karena sama halnya dengan produk makanan lain, macam-macam kue kering juga mempunyai masa kadaluarsa yang cukup terbatas. Untuk itulah, sebelum Anda memasarkan kue kering produksi Anda, Anda juga harus mengetahui masa kadaluarsa setiap kemasan dan harus memilih kemasan produk yang kedap udara. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga kualitas kue kering yang Anda produksi. Jangan lupakan juga untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa produk tersebut di kemasan untuk mengambil hati dan kepercayaan konsumen. Hal ini akan berpengaruh pada minat konsumen untuk membeli produk Anda.

Cara cerdas yang kedua adalah dengan melakukan survey pasar untuk mengetahui minat konsumen. Karena setiap konsumen tentunya mempunyai selera dan minat makanan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda melakukan survey pasar untuk mencari tahu biscuit atau kue kering yang paling banyak diminati oleh konsumen. Misalnya untuk akhir-akhir yang paling laris adalah biscuit atau kue kering dengan karakter lucu, putrid salju, kue nastar, kue kering rainbow, lidah kucing, kastengel dan jenis kue kering yang lainnya.

Bisnis kue kering juga bisa dipasarkan dengan cara yang ketiga, yaitu dengan mendukung produk kue kering yang Anda jual dengan kemasan yang menarik. Karena terkadang konsumen justru melihat dan menilai kualitas suatu produk dari penampilan atau kemasan yang digunakan. Apabila tampilan atau kemasannya menarik, konsumen juga akan lebih mudah terpancing untuk membelinya. Bahkan tampilan atau kemasan suatu produk bisa dikatakan sebagai salah satu factor yang penting untuk meningkatkan harga jual produk Anda. Untuk kemasan kue kering, Anda bisa memasarkannya dengan kemasan toples bening (transparan) dan bisa dipercantik dengan pita, renda bunga atau manic-manik untuk hiasan.

Cara cerdas yang keempat adalah dengan mempertahankan kualitas rasa. Jadi, selain tampilannya yang menarik, Anda juga harus tetap memberikan rasa dengan kualitas baik. Anda bisa melakukan beberaa percobaan sampai menemukan rasa dan komposisi yang paling pas. Karena kunci utama untuk meraih kesuksesan di bidang kuliner adalah dengan memberikan cita rasa yang lezat. Setelah Anda mendapatkan komposisi yang pas, Anda juga harus menciptakan inovasi menu baru untuk semakin menarik minat konsumen. Misalnya dengan membuat nastar keju, nastar brownies, dan lain sebagainya. Cara yang kelima adalah dengan menawarkan paket hemat. Cara ini pasti menjaring banyak konsumen. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS