October 31 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CPartly Cloudy - Humidity: 79%
Advertisement

Cari untung lewat kartu kredit

By admin - Tue Jan 03, 3:26 pm

Cari untung lewat kartu kredit terkadang terasa sangat mustahil bagi sebagian besar masyarakat. Walaupun sebenarnya jika Anda tahu cara untuk cari untung lewat kartu kredit, maka manfaat yang didapat sudah pasti sangat membahagiakan. Kartu kredit selama ini dianggap menjadi biang masalah pembobol keuangan. Tuduhan tersebut bukan tanpa alasan, namun nyatanya kebobolan keuangan karena kartu kredit memang sering terjadi. Hal ini pun tidak terlepas dari kebiasaan jelek kita dalam menerapkan prinsip berbelanja.

Kartu kredit sebenarnya bisa menguntungkan kalau kita bisa mengaturnya. Salah satu contoh manfaat kartu kredit adalah penawaran potongan harga (diskon) 25-30 persen di beberapa restoran yang bekerja sama dengan kartu kredit keluaran bank tertentu. Diskon itu tentunya memberi keuntungan ekstra bagi pecinta makanan. Selain bisa menikmati makanan enak, mereka juga menghemat pengeluarannya. Namun, pengguna kartu kredit juga perlu memperhatikan biaya administrasi atau abodemen yang ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit. Terkadang, biaya tersebut justru mendongkrak tagihan kartu kredit kita.

Cari untung lewat kartu kredit bisa dilakukan dengan menghubungi agen kartu kreditnya dan meminta pembebasan biaya (wave). Biasanya hal itu bisa diizinkan, karena distributor tidak ingin kehilangan pelanggannya. Jadi dalam setahun kita bisa menghemat sekian juta. Pengguna kartu kredit yang hanya bertujuan untuk berjaga-jaga bisa memiliki dua kartu kredit saja. Namun, tidak ada salahnya jika memiliki banyak kartu kredit, bahkan hingga 10. Pasalnya, banyak kartu kredit yang menawarkan keuntungan tambahan, seperti poin yang bisa ditukar dengan layanan atau diskon tertentu. Asalkan, pengguna kartu kredit bisa berbelanja pintar.

Sebenarnya selain kartu kredit ada beberapa hal kecil lainnya yang bisa membobol keuagan, seperti jalan di mall tanpa tujuan, uang parkir, SMS dan telepon, ngopi-ngopi, nyalon, keanggotaan klub, dan rekening yang sudah tidak aktif. Lalu mengapa masih banyak orang yang menggunakan kartu kredit ketika mereka tahu tentang dampak atau resiko yang dihasilkan? Jawabannya adalah karena mereka bisa memanfaatkan kartu kredit dengan baik dan fungsional sehingga mereka lebih mendapatkan keuntungan daripada kerugian.

Cari untung lewat kartu kredit bisa dilakukan dengan memiliki 2 kartu kredit yang diterbitkan oleh 2 bank berbeda yang jumlah limitnya (jika digabung) kira-kira cukup untuk membayar biaya darurat Rumah Sakit bila Anda membutuhkannya. Usahakan juga tanggal cetak transaksinya berbeda antara 1 kartu dengan kartu yang lain supaya Anda tidak terbebani harus membayar banyak sekaligus untuk tagihan Anda. Jika tidak terpaksa, jangan membayar tagihan minimum saja. Lebih baik langsung dilunasi sehingga Anda tidak perlu membayar bunga yang besar. Simpan saja kesempatan untuk membayar tagihan minimum ini saat Anda benar-benar tidak mampu.

Jika tidak sangat terpaksa, jangan pernah gunakan kartu kredit untuk menarik tunai di ATM karena bunganya sangat tinggi dan dihitung harian sejak Anda menariknya. Jadi, lebih baik gunakan fasilitas pinjaman yang ditawarkan bank bagi pemegang kartu yang tagihannya mengikuti tanggal cetak rutin. Selanjutnya, Anda jangan mudah tertipu dengan penawaran-penawaran melalui telepon atau internet. Jangan pula dengan mudah memberitahukan nomor kartu, masa berlaku, dan juga informasi-informasi pribadi Anda karena informasi-informasi ini dapat disalahgunakan. Pastikan Andamengumpulkan dan menyimpan nota pembelian yang benar-benar Anda lakukan untuk dicocokkan dengan tagihan yang datang. Ini juga berfungsi untuk memonitor pengeluaran Anda. Jadi, mulai sekarang, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit sehingga tagihannya tidak membelit Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement