September 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CHaze - Humidity: 83%
Advertisement

Cari Peluang Usaha

By admin - Wed Feb 01, 3:41 pm

Cari peluang usaha memang gampang-gampang susah, jika banyak yang bilang peluang tersebut ada dimana-mana, lantas kenapa Anda masih belum menemukannya? Cari peluang usaha dapat dimulai dari sekitar Anda. Coba saja perhatikan barang-barang yang ada disekitar Anda. Misalnya komputer, printer, kertas, meja, handphone dan apa saja yang bisa Anda lihat disekeliling Anda, sebagian besar merupakan hasil dari transaksi jual beli. Bahkan barang-barang yang melekat pada diri Anda sebagian besar juga Anda beli atau paling tidak dibelikan orang lain kan?

Masalahnya, kadang Anda terlalu takut sehingga menganggap kalau sebuah peluang sudah diambil orang lain, Anda sudah tidak kebagian peluang tadi. Padahal sudah menjadi sifatnya dunia yang terus berputar, peluangpun terus berputar. Bahkan banyak peluang yang belum optimal dimanfaatkan orang lain. Misalnya usaha dibidang garment meskipun sudah banyak pelaku usaha di sana tapi tetap terbuka peluang bagi pemula untuk menangkap peluang yang sama dan bahkan menciptakan peluang-peluang baru. Contoh lainnya masih banyak, usaha makanan boleh dibilang setiap saat muncul pemain baru dan banyak yang sukses. Usaha voucher HP juga terus tumbuh bak jamur di musim hujan, dan banyak yang bertahan bahkan berhasil. Inovasi-inovasi baru-pun terus tumbuh, yang berarti masih banyak lagi peluang yang belum tergarap.

Cari peluang usaha mungkin sudah terpikirkan tetapi terkadang keberanian untuk memulai usaha masih belum muncul. Disitulah saatnya Anda harus mulai mempertajam kejelian Anda menangkap berbagai peluang. Cara paling gampang adalah meniru usaha orang lain yang menurut Anda masih berpotensi untuk dikembangkan. Anda tinggal mengikuti yang sudah ada dan Anda modifikasi pada usaha yang Anda jalani. Nanti jika usaha Anda sudah jalan, baru Anda cari terobosan dan inovasi baru untuk terus berkembang. Jika Anda masih terus pikir-pikir dulu, maka peluang tetap saja ada dan tentu akan diambil orang lain. Anda nanti hanya akan gigit jari dan bilang, “Yah itu kan persis seperti ide bisnis yang aku pikirkan dulu.”

Cobalah Anda cari barang yang tidak bisa dijual, tentu Anda akan menemukan barang yang bisa dijual jauh lebih banyak daripada barang yang tidak bisa dijual. Itu berarti banyak peluang dan ada dimana-mana. Yang seharusnya Anda lakukan saat bingung seperti adalah mengumpulkan informasi tentang usaha-usaha yang kira-kira bisa Anda jalankan sesuai kemampuan finansial Anda. Buatlah catatan di buku Anda tentang berbagai peluang yang mungkin Anda ambil nantinya. Misalnya, Anda bisa mendatangi salah satu pemilik franchise burger dengan pertimbangan biaya memulainya murah. Tanyakan detail mengenai bagaimana cara mengambil franchise-nya dan business opportunity). Datangi juga pihak yang menawarkan franchise es cendol, pemilik franchise mie ayam, dll.

Cari peluang usaha dengan cara demikian tentu akan lebih memudahkan Anda untuk menimbang mana yang terbaik. Sebelumnya, tentu Anda harus mengumpulkan brosur-brosurnya terlebih dahulu. Kemudian baca-baca tawarannya, dan bayangkan jika Anda ambil kira-kira nantinya seperti apa, seberapa repotnya Anda mengelola bisnis tersebut, dan lain sebagainya. Kira-kira nanti bagaimana cari karyawan, bagaimana menggajinya, dll. Semuanya cukup Anda pikirkan saja jika Anda masih bingung dimana mencari jawabannya. Konyol memang, tapi begitulah proses yang sebaiknya Anda jalani.

Karena biasanya jika sudah mempunyai satu ide akan berubah-ubah jika tidak segera dilaksanakan. Maka akan lebih baik jika Anda memulai menjalankan bisnis kecil terlebih dahulu untuk memantapkan kemampuan dan kepercayaan diri Anda. Syukur-syukur dari yang kecil itu bisa berhasil dikembangkan jadi besar dan jadi lebih baik lagi. Berarti akan dapat keuntungan ganda, dapat ilmu memulai bisnis dan ilmu membesarkan bisnis. Apapun nanti pilihannya dan berapa lama mengambil keputusannya, itu merupakan proses. Dalam setiap kesempatan jangan cepat-cepat memfonis hasilnya. Karena kalaupun sedang rugi atau sedang untung, sedang senang atau sedang bingung, itu juga proses yang harus dijalani. Nikmati setiap prosesnya dan selalu bergerak, maka nanti apapun hasilnya Anda akan menilai kalau Anda ada progres dari proses-proses yang Anda ambil.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement