December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara untuk Mengambil Daftar NAB Reksadana

By admin - Fri Jun 15, 5:28 pm

Daftar NAB reksadana bisa diambil di website resmi bapepam-lk. Daftar NAB reksadana berguna untuk membantu Anda menentukan langkah transaksi yang akan Anda ambil. Lalu mengapa harus mencari data ini langsung di website bapepam? Karena pencarian di website atau blog lain biasanya akan semakin membingungkan dan sulit dipahami. Untuk mengambil data dari website BAPEPAM-LK, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Daftar NAB reksadana

Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Buka browser Anda.
  2. Ketikkan: http://www.bapepam.go.id/ pada kotak alamat.
  3. Setelah halaman website tersebut terbuka, coba klik kotak “reksadana” yang berada di bagian kanan tengah.
  4. Kemudian pilih menu “statistik”, kemudian klik “perkembangan NAB per RD”.
  5. Selanjutnya pada kotak isian “query aktivitas”, masukkan kode reksadana. Dan untuk mendapatkan kode reksadana, Anda bisa klik tanda seperti kaca pembesar yang terletak di samping kanan kotak isian. Tunggulah sampai beberapa saat sampai muncul kode-kode tersebut. Setelah dapat, pilih dan klik kode reksadana tersebut. Dan kode tersebut sudah akan terisi.
  6. Pada kotak isian “tahun”, isikan tahun yang Anda kehendaki.
  7. Selanjutnya, klik tombol “proses” untuk mendapatkan data NAB per RD.

Daftar NAB reksadana per manajer investasi juga bisa dicari di website baepam ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus kembali ke menu “statistik”, klik “perkembangan NAB per MI”.
  2. Kemudian pada kotak isian “Query Aktivitas”, masukkan kode Manajer Investasi. Dan untuk mendapatkan kode manajer investasi ini, Anda harus melihat tanda kaca pembesar di samping kanan kotak isian tersebut. Tunggu beberapa saat sampai kode tersebut muncul. Kemudian pilih dan klik kode manajer investasi tesrebut.
  3. Kemudian pada kotak isian “tahun”, ketikkan tahun yang Anda kehendaki.
  4. Setelah itu, klik tombol “proses“ untuk mendapatkan data NAB per MI.

Informasi tentang keadaan ekonomi dunia juga perlu Anda update terus agar Anda tidak salah dalam mengambil keputusan untuk bertransaksi. Tahun ini, total NAB diproyeksi akan naik sampai 17%, tepatnya 15%-17%, angkanya mencapai Rp 193,47 triliun sampai Rp 196,84 triliun. Tetapi hal ini bisa terealisasi jika krisis utang di Eropa bisa terselesaikan. Namun sebaliknya, jika keisis ini tidak bisa terselesaikan dengan baik, maka pertumbuhan NAB sepanjang tahun ini diperkirakan akan konservatif. Yang artinya, sebesar 10% atau lebih rendah lagi. Karena walaupun di Indonesia perekonomiannya sedang bagus, bukan berarti Indonesia akan terbebas dari dampak krisis Eropa.

Daftar NAB reksadana akan menjadi patokan khusus tentang betapa menariknya bisnis reksadana. Khususnya pada bisnis reksadana saham. reksadana saham akan menjadi contributor terbesar untuk membentuk total NAB tahun ini. Hal ini dikarenakan rendahnya tingkat suku bunga Bank Indonesia. Para ekonom memperkirakan bahwa pergerakan insdeks saham akan mampu menembus level 5.000. sedangkan untuk reksadana jenis obligasi, returnnya masih tidak akan jauh dari BI rate. Jadi, polapergerakannya masih terbatas.

Pertumbuhan NAB pada tahun lalu meningkat sebesar 12,84% menjadi Rp 168,24 triliun jika dibandingkan dengan kinerja tahun 2010, yaitu sebesar Rp 149,09 triliun. Contributor kenaikan terbesar dalam reksadana adalah jenis reksadana saham, yaitu menyumbang sebesar Rp 61,35 triliun. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh reksadana pasar yang, yaitu senilai Rp 41,83 dan posisi ketiga ditempati oleh reksadana obligasi, yaitu sebesar Rp 28,93 triliun.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS