December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

CARA SUKSES MEMASARKAN BISNIS KULINER SECARA ONLINE

By admin - Wed Jan 29, 2:03 pm

Memasarkan bisnis kuliner bisa sebelumnya diketahui hanya bisa dilakukan secara offline atau secara langsung. Tetapi seiring dengan berkembangnya dunia marketing, memasarkan bisnis kuliner juga bisa dilakukan secara online seperti halnya benda lain seperti produk gadget atau fashion. Di dunia internet, tentunya banyak sekali kesempatan untuk bisa meraih kesuksesan. Bisnis kuliner mempunyai kelemahan yaitu lokasi. Jika lokasinya terlalu jauh dari pusat keramaian, maka kemungkinan untuk mendapat kesuksesan lebih sulit.

Memasarkan bisnis kulinerTeknologi internet memang sudah dianggap sebagai lifestyle karena begitu mudah dan murahnya perangkat penunjang serta layanan internet itu sendiri. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih membuka smartphone-nya untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, termasuk tempat makan yang enak dan nyaman. Bisa kita bayangkan bagaimana jika bisnis kuliner kita tidak tersentuh internet? Berapa kesempatan yang kita hilangkan setiap harinya?

Memasarkan bisnis kuliner secara online akan menjaring lebih banyak konsumen walaupun lokasi bisnis Anda tidak strategis. Dengan promosi ini, Anda harus bisa memberikan informasi secara lengkap tentang rumah makan maupun menu yang Anda tawarkan, meliputi harga, promo diskon, fasilitas pendukung lain (misalnya free wi-fi, dan lain sebagainya), atau promo-promo yang lain. Jika Anda belum mempraktikkan promosi online untuk bisnis kuliner Anda, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Manfaatkan social media. Hampir tidak ada masyarakat yang tidak mempunyai akun di social media, misalnya Facebook, Twitter, WhatsApp, Blacberry Messenger (BBM), Path, Instagram, maupun media sosial yang lain. Ambil foto semenarik mungkin dan unggah di social media Anda dilengkapi dengan keterangan lengkap.
  • Manfaatkan kuis interaktif secara online di social media. Dengan mengadakan kuis, Anda juga bisa menyebar-luaskan informasi tentang bisnis Anda ke calon konsumen yang lebih luas. Misalnya dengan kontes foto di warung makan serta menu makanan favorit dan mengunggahnya di akun social media warung Anda, memberikan ide kreatif tentang usaha Anda, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memberikan hadiah, seperti voucher makan, diskon 10%, dan lainnya.
  • Bergabung di beberapa portal kuliner. Situs direktori online yang ada di Indonesia maupun luar negeri harus Anda manfaatkan. Dengan begitu, Anda bisa ikut mempromosikan warung makan Anda ke semua member portal yang terkait. Cara ini tergolong sangat menguntungkan karena bisa menjadi tujuan pengguna internet untuk menemukan warung makan yang sesuai dengan keinginan mereka.
  • Gandenglah public figure. Sudah menjadi hal yang umum untuk menggandeng public figure sehingga pamor bisnis akan meningkat. Seorang public figure mempunyai daya tarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari lebih banyak konsumen loyal. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengundang public figure tersebut untuk menikmati menu makanan dari warung, restoran atau café Anda. Kemudian Anda bisa memanfaatkan foto tersebut dan mengunggahnya di social media untuk promosi.
  • Tawarkan jasa pesan antar. Memasarkan bisnis kuliner juga akan sangat efektif jika Anda menawarkan jasa pesan antar. Entah lokasi bisnis Anda strategis atau tidak, masyarakat saat ini lebih menyukai sesuatu serba praktis. Dengan adanya system pesan-antar, maka Anda akan memberikan kemudahan bagi mereka. Coba tawarkan system ini untuk lokasi yang masih satu kota dengan Anda.

Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS