November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Menjaring Pembeli Melalui Internet

By admin - Tue Apr 17, 3:32 pm

Cara menjaring pembeli akan membantu bisnis Anda cepat laris. Cara menjaring pembeli sekarang tidak hanya dilakukan dengan cara tradisional tetapi juga dengan internet. Langkah pertama cara memasarkan dengan internet pastilah harus membuat orang tahu apa yang ditawarkan. Kalau sekedar satu atau dua orang saja yang tahu itu tidak sulit, Anda mungkin bisa melakukannya via sms atau chatting dengan teman di internet ini. Namun cara tersebut bukanlah cara yang cepat untuk dapat calon pembeli.

Cara menjaring pembeli

Setelah calon pembeli tahu tentang apa yang Anda tawarkan, maka diantara mereka (calon pembeli tersebut) akan ada yang tertarik, ada juga yang tidak, ada yang langsung beli, ada juga yang merasa tersaingi dengan penawaran Anda, dan sebagainya. Di internet atau di dunia darat sekalipun, Anda bisa menjual barang orang lain dan mendapatkan komisi setiap kali ada yang membeli dari referensi Anda. Namanya PPS atau Pay Per Sale. Anda dapat komisi bukan waktu orang “ingin membeli” tetapi ketika benar-benar terjadi pembelian oleh orang lain tersebut, artinya bagi Anda adalah terciptanya penjualan. Memang tak semua orang tau bagaimana cara cepat mendapatkan calon pembeli.

Cara menjaring pembeli dengan internet pasti sangat berkaitan erat dengan mesin pencari. Mesin pencari merupakan sumber trafik yang melimpah. Sayangnya, tak mudah bagi setiap blogger untuk memunculkan artikelnya di nomor satu atau halaman pertama hasil pencarian. Salah satu triknya adalah menggunakan long tail keywords (kata kunci berfrase). Long tail keywords adalah kata kunci multi frase yang diketikan pengunjung di mesin pencari. Kata kunci ini lebih spesifik dibanding kata kunci umum.

Kartu kredit adalah contoh kata kunci umum, sementara long tail keywords bisa berupa:

  1. Kartu kredit untuk mahasiswa.
  2. Daftar kartu kredit berbunga rendah.
  3. Keuntungan kartu kredit untuk pebisinis kecil.

Untuk kata kunci dalam bahasa Inggris seperti ini:

  1. Credit cards for students.
  2. List of low interest credit cards.
  3. Benefits of small business credit cards.

Cara menjaring pembeli dengan long tail keywords mempunyai keuntungan sebagai berikut:

  1. Long tail keywords memberikan konversi yang lebih tinggi. Pengunjung yang datang melalui mesin pencari dengan mengetikkan long tail keywords umumnya berniat membeli sesuatu secara online. Dengan menembak long tail keywords, peluang Anda menjaring pembeli lebih besar.
  2. Long tail keywords mudah teranking di mesin pencari. Hal ini karena long tail keywords umumnya sedikit kompetitornya.
  3. Lebih banyak pengunjung yang datang. Dengan terangking baik di mesin pencari, maka blog atau website Anda akan banyak menjaring pengunjung.
  4. Potensi CTR tinggi. Pengunjung yang datang lewat mesin pencari sangat bernilai karena mereka adalah pencari informasi, sehingga besar peluang mereka mengklik iklan (adsense, PPC, dan lain-lain) yang ada di blog Anda. Dengan demikian, click through rate (CTR) adsense Anda tinggi.

Setelah menemukan long tail keywords, satu hal terpenting adalah membuat judul yang mengandung long tail keywords. Untuk long tail keywords pada contoh di atas, berikut adalah judul-judul yang bisa diambil:

  1. Cara Mendaftar Kartu Kredit bagi Mahasiswa.
  2. 20 Daftar Kartu Kredit Berbunga Rendah.
  3. 10 Keuntungan kartu Kredit untuk Kelancaran Usaha Pebisnis Kecil.

Dalam bahasa Inggris, bisa seperti ini:

  1. How to pick a credit cards for students.
  2. 20 Low Interest Credit Cards.
  3. 10 Benefits of Credit Cards to Increase Earning of Small Business.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS