November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Gossip

By admin - Fri Apr 27, 5:02 pm

Cara meningkatkan penjualan dengan gossip atau komunikasi verbal ternyata mendatangkan manfaat. Cara meningkatkan penjualan dengan gossip merupakan strategi yang sangat ampuh, terlebih jika diterapkan di Indonesia. Promosi adalah kegiatan memberitahu atau menawarkan produk/jasa kepada calon konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli. Atau gampangnya usaha menjual produk /jasa. Sedangkan gosip adalah salah satu bentuk komunikasi verbal yang bisa di artikan sebagai desas desus yang dibicarakan dari satu orang ke orang lain dan seterusnya.

Cara meningkatkan penjualan

Coba perhatikan, di Indonesia, omongan dari mulut ke mulut sangat efektif untuk membuat sebuah opini tentang sesuatu, baik itu produk atau layanan. Misalnya, coba perhatikan ceragem. Usaha pengobatan alternative dengan batu yang dipanaskan itu sangat ramai dikunjungi customernya. Usaha yang baru muncul itu melesat seketika. Sepertinya tidak ada orang yang tak tau ceragem. Strategi promosi yang mampu menarik pelanggan ceragem itu adalah hasil dari komunikasi verbal customernya melalui pembicaraan mulut ke mulut (gosip/rumor). Keuntungannya, peyebaran informasinya terjadi sangat cepat, karena customer yang berjumlah banyak itu membicarakan ceragem pada minimal 1 orang lain, dan seterusnya.

Cara meningkatkan penjualan dengan gossip ini dapat dijadikan strategi promosi yang ampuh untuk usaha Anda. Namun, perlu kita perhatikan jika suatu saat terlihat kekurangan atau muncul kekecewaan pada pelanggan, juga dapat menyebar secara cepat. Fokus pada pendekatan kelompok dalam market perusahaan, dapat menjadi strategi promosi yang efektif. Saat Anda fokus pada suatu kelompok orang, Anda akan membuka peluang bisnis dengan mereka, sekaligus mengetahui kebiasaan market Anda. Dengan pemasaran yang berkonsentrasi pada publikasi, konferensi dan pameran perdagangan di bidang usaha yang sama, kita dapat membangun reputasi dengan cepat, sehingga prospek datang dan bukan mengejar setelah mereka pergi.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan dalam kelompok yang akan di dekati tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Apakah kelompok itu berkembang atau malah menyusut?
  2. Apakah kelompok itu memiliki keanggotaan, bayar atau bebas?
  3. Apakah, mereka mudah dihubungi melalui email, telpon atau dalam pertemuan bulanan?
  4. Apakah mereka memiliki media publikasi tertentu?
  5. Apakah interaksi internal mereka berjalan bagus atau terbagi lagi dalam kubu-kubu kecil?
  6. Dan apakah mereka telah menjalin kerjasama dengan perusahaan atau merek tertentu?

Cara meningkatkan penjualan dengan komunikasi verbal juga harus memperhatikan tujuan dan langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan sebelum melakukan promosi. Langkah pertama adalah tentukan apa tujuan komunikasi. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin mendorong tindakan, menciptakan / meningkatkan kesadaran atau menciptakan / memperkuat pandangan pembeli terhadap produk / perusahaan. Langkah kedua, tentukan siapa target market. Target market dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat perekonomian, tingkat pendidikan atau area tertentu. Langkah ketiga, tentukan waktu penyampaian pesan yang paling tepat. Saat seperti apa yang membuat mereka membutuhkan jasa/produk anda. Ketepatan waktu berpengaruh besar terhadap keberhasilan keseluruhan program.

Langkah keempat, tentukan pesan (keypoint). Pesan apa saja yang ingin atau harus disebarkan. Pesan bisa meliputi produk, layanan, merek, harga atau insentif. Langkah kelima, pilih media yang sesuai. Memilih jenis media terbaik berdasarkan anggaran dan jadwal. Juga perhatikan rate iklan dan oplah media masing-masing. Langkah keenam, cari solusi kreatif. Pertimbangkan tipe pesaing – baik emosional atau informasi dan gaya eksekusi misalnya cara kerjanya, fungsi, apa yang dirasa dan dilihat pelanggannya, dll. Langkah ketujuh, merencanakan dan melaksanakan implementasi. Perhatikan dan laksanakan dengan seksama pada masa pra-produksi, produksi, pasca produksi dan distribusi. Dengan kata lain, maksimalkan daya dan upaya dalam mewujudkannya. Langkah kedelapan, pengukuran efektivitas – ini adalah langkah yang paling penting.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS