November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Meningkatkan Penjualan

By admin - Mon Apr 02, 4:18 pm

Cara meningkatkan penjualan harus didukung oleh sales person yang tepat agar hasilnya lebih nyata dan maksimal. Cara meningkatkan penjualan harus berbeda dan fleksibel. Karena iklim bisnis sekarang menjadi semakin kompetitif. Sales person berperan sebagai ujung tombak perusahaan dalam menghadapi persaingan yang ada. Namun kondisi saat ini sudah sangat berbeda yaitu dimana pelanggan sudah semakin teredukasi karena perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Untuk itu, diperlukan suatu pendekatan komprehensif yang dapat membantu sales person meningkatkan sales closing bagi perusahaan.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diterapkan oleh sales person. Pertama adalah sales mindset. Memahami sales mindset yang tepat untuk menghasilkan kinerja penjualan yang luar biasa. Kedua adalah prospecting. Mendapatkan prospek yang qualified untuk memperbesar peluang melakukan sales closing. Ketiga, probing. Melakukan probing secara efektif untuk mengetahui kebutuhan pelanggan yang sesungguhnya. Keempat, presenting. Merancang value proposition secara efektif untuk menarik perhatian dan minat prospek dalam membeli.

Cara meningkatkan penjualan

Cara meningkatkan penjualan dengan bantuan sales person juga harus tetap memperhatikan langkah kelima, yaitu handling objection. Mengidentifikasi dan menangani keberatan yang diajukan oleh prospek sebagai pembuka jalan untuk melakukan negosiasi. Keenam, negotiating. Negosiasi secara efektif dengan prospek untuk mendapatkan suatu titik temu yang bersifat win-win. Ketujuh, closing. Mengidentifikasi buying signal dari prospek. Bagaimana melakukan sales closing secara efektif.

Selain factor sales person, Anda juga membutuhkan lima nadi yang sangat penting untuk menumbuh-kembangkan bisnis dan profit Anda. Pertama, jumlah prospek. Anda perlu menjalankan strategi untuk mendatangkan prospek. Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap perlu menjaga relasi, lakukanlah networking yang bisa memperluas hubungan Anda. Salah satunya dengan mengikuti berbagai seminar yang bisa mempertemukan Anda dengan pasar. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan prospek adalah melakukan program marketing melalui berbagai fasilitas yang ada, seperti telepon, surat, referal terstruktur, tulis ulang iklan, membuat stiker, brosur, bahkan manfaat juga majalah dinding di sekolah jika produknya sesuai segmen pasar.

Cara meningkatkan penjualan juga harus dilakukan dengan nadi kedua, yaitu tingkat konversi. Yaitu menjadikan prospek tadi menjadi pelanggan. Secara internal, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, seperti:

  • Tentukan target penjualan.
  • Buatkan naskah penjualan atau surat penawaran.
  • Buatlah daftar keunikan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Buatlah garansi tertulis.
  • Buatlah kartu keanggotaan.

Nadi ketiga, jumlah transaksi. Setelah berhasil menggaet pelanggan, misi selanjutnya untuk meningkatkan bisnis dan profit Anda adalah menaikkan jumlah transaksi. Caranya:

  • Buat pelanggan merasa spesial dengan memberikan lebih daripada yang dijanjikan atau hadiah pada kunjungan berikutnya. Pelayanan Anda juga menentukan kepuasan pelanggan.
  • Ciptakan sistem untuk mengingatkan pelanggan, tentang masa promosi dan lainnya yang berhubungan dengan produk Anda.
  • Buat database pelanggan yang rapi dan lengkap.

Nadi keempat, rata-rata penjualan. Jika jumlah transaksi semakin meningkat, saatnya upgrade penjualan. Untuk menaikkan rata-rata penjualan, tak perlu ragu menaikkan harga jual. Di sinilah saatnya Anda sebagai pemilik mulai mendelegasikan tugas penjualan kepada orang yang Anda percaya. Porsi pemilik usaha lebih kepada mengatur sistem pembelian dan mempercantik penampilan usaha Anda. Cara praktis meningkatkan penjualan di antaranya:

  • Berikan bonus untuk jumlah pembelian tertentu.
  • Permudah pembayaran, dengan sistem debit atau kartu kredit misalnya. Ini artinya bisnis Anda harus sudah membangun afiliasi dengan pihak bank.
  • Jual sistem grosir atau program beli 3 gratis satu.

Nadi kelima, margin. Menaikkan margin akan memberikan keuntungan lebih tinggi bagi usaha Anda. Caranya:

  • Fokus dan jual lebih banyak sejumlah produk yang marginnya tinggi.
  • Mulailah fokus pada segmen pasar kelas atas dengan daya beli lebih tinggi.
  • Hanya menerima pembayaran tunai.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS