November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Meningkatkan Penjualan

By admin - Wed Feb 15, 4:28 pm

Cara meningkatkan penjualan dapat diterapkan dengan berbagai macam cara. Tentunya, cara meningkatkan penjualan tidak dapat dipisahkan dari peran staf penjualan dan pelanggan Anda. Cara pertama adalah adakan program insentif penjualan. Jangan harapkan sebuah angka penjualan yang terus menanjak dengan staf penjualan yang kurang termotivasi. Berikan mereka rangsangan yang kuat agar mau bekerja hingga sekeras mungkin. Untuk itu diperlukan adanya sebuah pemberian insentif bagi para pegawai yang menjadi ujung tombak dalam kegiatan penjualan. Beritahukan kepada mereka bahwa mereka akan mendapatkan sebuah imbalan yang konkret (berupa perjalanan ke luar negeri atau hadiah perhiasan, dan sejenisnya) jika mereka berhasil mencapai angka penjualan yang sudah Anda tetapkan.

Cara kedua adalah dorong staf penjualan untuk melakukan upselling. Pada dasarnya, upselling adalah menjual sebuah barang/ jasa disertai dengan produk yang relevan dengan tujuan memungkinkan pelanggan menggunakan produk/ jasa yang utama dengan lebih nyaman dan optimal. Yakinkan pelanggan tentang manfaat yang bisa didapat dengan memiliki produk tambahan tersebut. Misalnya jika Anda menjual komputer, Anda bisa menawarkan juga produk lain yang relevan yaitu screen protector. Anda bisa meyakinkan pelanggan dengan berargumen bahwa pelindung layar komputer tersebut bisa membuat permukaan menjadi lebih mudah dibersihkan dan tahan lama.

Cara meningkatkan penjualan

Cara meningkatkan penjualan yang ketiga adalah dengan memberikan sedikit ‘bocoran’. Berikan informasi kepada pelanggan yang membuat mereka akan kembali di masa datang meskipun sekarang mereka belum membeli apapun. Contohnya Anda dapat mengatakan kepada seseorang yang terlihat ragu untuk membeli produk Anda. Beritahukan pada mereka akan ada diskon besar minggu atau bulan depan sehingga mereka bisa membeli saat mereka sudah yakin dan benar-benar memiliki uang. Dan biasanya pelanggan yang kembali tidak hanya datang bersama uang tetapi juga orang-orang terdekat mereka yang ingin membeli produk/ jasa Anda.

Cara keempat adalah dengan memperlakukan pelanggan setia dengan lebih baik. Siapa pun manusia itu, pastinya ingin diperlakukan secara istimewa. Begitu juga dengan pelanggan Anda. Jangan sekali-kali memperlakukan pelanggan (apalagi pelanggan yang sudah terbukti kesetiaannya) dengan buruk. Berikan perlakuan istimewa sebagai bukti nyata penghargaan Anda kepada mereka yang loyal. Cara kelima adalah adakan sebuah program hadiah bagi pelanggan. Kita semua sudah tahu seperti apa program hadiah bagi pelanggan. Program ini bisa berwujud potongan harga bagi produk-produk tertentu, potongan harga untuk pelanggan yang sedang merayakan hari ulang tahunnya.

Cara meningkatkan penjualan yang kelima adalah bagikan sample gratis ke pelanggan. Memberikan sampel produk secara cuma-cuma terbukti bisa memberikan kontribusi pada peningkatan jumlah penjualan. Sampel bisa memancing keingin tahuan konsumen dan jika memang mereka menyukai produk tersebut, mereka akan berusaha untuk membelinya. Cara keenam adalah focus pada keinginan pelanggan. Fokuslah terhadap apa yang diinginkan pelanggan Anda. Bila Anda berhasil membuat pelanggan merasakan sensasi kepuasan tersendiri setelah mereka menggunakan produk Anda, baru Anda bisa mengklaim bahwa Anda mengerti kebutuhan mereka. Begitu juga saat menciptakan halaman situs web Anda, surat penawaran, dan sebagainya yang berkaitan dengan penjualan, tekankan kepada perasaan/ emosi yang akan mereka dapatkan setelah menggunakan produk Anda. Menerangkan apa produk Anda dan bagaimana produk itu bekerja akan terdengar membosankan bagi mereka.

Cara ketujuh adalah tetap jalin komunikasi dengan kenalan yang belum menjadi pelanggan. Sebagian besar orang yang ditawari biasanya tidak membeli di saat pertama kali mereka ditawari. Jadi jangan menyerah untuk terus mengirimkan email penawaran, newsletter, atau informasi terkini mengenai penyempurnaan produk.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS