November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

By admin - Tue Jun 05, 5:17 pm

Meningkatkan omzet penjualan memang sangat penting. Meningkatkan omzet penjualan berbanding lurus dengan profit yang didapat. Jadi, semakin besar omzet penjualan, maka semakin besar keuntungan yang diperoleh. Sebelum mulai meningkatkan omzet penjualan, biasanya pebisnis mencari beberapa hal besar yang bisa memicu peningkatan omzet dalam sekejap. Memang tidak ada salahnya, tetapi alangkah baiknya jika proses peningkatan omzet ini dilakukan dari hal yang paling kecil yang bahkan sering diabaikan. Padahal hal ini yang bisa meningkatkan omzet secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan omzet penjualan pada usaha Anda.

Meningkatkan omzet penjualan

Langkah pertama adalah melihat harga jual. Bagaimana dengan harga jual produk Anda? Apakah sudah waktunya naik, tetap, atau turun? Anda bisa nilai dari perkembangan penjualan Anda. Ketahui harga ideal saat ini dengan mencoba beberapa opsi harga jual. Dengan begitu, Anda akan tahu harga ideal untuk produk Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan omset penjualan Anda. Langkah kedua adalah kenali kapan prime time bisnis Anda. Prime time bisnis artinya saat penjualan banyak terjadi. Di waktu tersebut Anda harus optimalkan kinerja penjualan Anda misal dengan menggencarkan program pemasaran. Segenap resource yang Anda miliki, harus fokus penuh pada saat prime tersebut.

Meningkatkan omzet penjualan dengan langkah ketiga, yaitu melihat database konsumen Anda. jika Anda mempunyai data konsumen, coba lihat dan analisa kembali apa yang menyebabkan mereka menjadi konsumen Anda. Seharusnya Anda juga mengetahui tentang segmentasi pasar, yaitu dengan membuat beberapa kategori konsumen ke dalam beberapa daftar konsumen. Sehingga Anda bisa melakukan pendekatan marketing yang sesuai untuk setiap daftar konsumen tersebut.

Langkah keempat adalah dengan menjalankan strategi pemasaran untuk meningkatkan omzet. Untuk meningkatkan omset penjualan, jangan ragu untuk menjalankan strategi pemasaran seperti dengan memberikan penawaran yang super heboh. Bentuknya bisa seperti memberikan ukuran produk yang lebih besar, diskon, atau memperpanjang masa penggunaan produk. Bisa juga dengan menjalankan program booking order atau sejenisnya. Intinya, jangan ragu untuk ACTION dengan ide pemasaran yang hendak Anda lakukan.

Meningkatkan omzet penjualan dengan beberapa langkah tersebut akan membantu Anda mempunyai konsumen yang setia dan juga hangat. Anda tidak perlu memberikan janji-janji yang terlalu lebay untuk usaha Anda. karena yang konsumen butuhkan adalah aksi. Keempat langkah tersebut jika tidak dipraktikkan maka akan sangat percuma. Kalaupun Anda mempraktikkannya, jangan hanya moody. Anda harus mampu konsisten dalam menjalankan strategi bisnis ini. Lihat hasil pemasaran dari marketing langsung maupun dari hasil marketing tidak langsung sesaat setelah Anda mempraktikkan strategi di atas. Silahkan ambil keduanya yang terbaik yang mana itu bisa Anda analisa. Marketing langsung adalah kita secara langsung menawarkan ke kustomer kalau dia berminat maka akan ambil penawaran Anda. Kalau pemasaran secara tidak langsung adalah pemasaran yang dilakukan pihak ke 2, tanpa kita suruh. Karena kita telah menyebarkan informasi pemasaran, lalu didengar ke-2 ini dan akhirnya dari mulut ke mulut marketing secara tidak langsung terjadi. Nah Anda bisa pakai strategi ke dua duanya dan lakukan research apa dan bagaimana penjualan terbaiknya bisa terjadi. Jangan lupa untuk selalu mencatat kegiatan marketing apa yang tidak sesuai dengan promosi Anda. Dan jangan ulangi kesalahan-kesalahan marketing masa lalu. Berkreasilah yang baru untuk kegiatan marketing, jika semua sudah dicoba temukan yang terbaiknya. Jangan remehkan pemasaran yang sederhana misalkan informasi pemasaran dari mulut ke mulut. Melalui kartu nama dan sebagainya. Biarpun kelihatan sederhana, silahkan dilihat hasilnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS