November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Meningkatkan Level UKM

By admin - Tue Jan 29, 4:53 pm

Meningkatkan level UKM akan membantu usaha Anda untuk mempunyai omset yang lebih tinggi per bulannya. Meningkatkan level UKM berarti Anda harus bisa melakukan beberapa strategi baru. Karena di Indonesia sendiri, yang terjadi pada UKM adalah hanya sekedar berproduksi, berdagang dan juga berekonomi. Hal ini lah yang kemudian mengakibatkan UKM masih kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang notabene lebih besar. Daya saing yang dimiliki oleh UKM juga lebih rendah daripada perusahaan-perusahaan yang lebih besar karena peningkatan UKM ternyata belum terlihat baik di pasar local maupun pasar Internasional.

Meningkatkan level UKMLalu mengapa bisa dikatakan bahwa UKM kita kurang bisa bersaing? Karena pada kenyataannya, hampir 70% UKM yang ada di Indonesia terbentuk karena desakan ekonomi dan bukannya karena keunikan yang mereka miliki. Nah kondisi inilah yang membuat daya saing mereka rendah. Dan untuk bisa bersaing di pasar, UKM harus bisa memberikan terobosan-terobosan tertentu. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan level UKM Anda:

  • Menanamkan jiwa leadership di dalam diri pelaku UKM. Walaupun usaha yang Anda jalankan masih belum mempunyai tenaga kerja lain, tetapi jangan ragu untuk terus menanamkan jiwa leadership sejak dini. Mengapa? Karena seorang pelaku usaha adalah seorang pemimpin. Dan seorang pemimpin harus bisa memimpin, mengatur dan juga merencanakan semua kegiatan yang berhubungan dengan usahanya dengan baik. Cara ini untuk membentuk sikap dan sifat jika kedepannya mempunyai karyawan.
  • Bekali diri sendiri dengan Knowledge Management. Meningkatkan level UKM berhubungan erat dengan knowledge management. Nah, jika Anda memasuki dunia usaha dan Anda sudah mempunyai bekal pengetahuan, maka Anda akan mampu memberdayakan sumber daya yang Anda miliki dengan lebih baik dan optimal. Sehingga resiko yang ada juga bisa Anda minimalisir.
  • Jangan pernah melupakan branding dan marketing. Walaupun masih dalam tahap usaha kecil dan menengah, tetapi dua hal ini tidak boleh Anda lewatkan. Karena dua hal ini sangat penting untuk bisa memperkenalkan produk Anda ke khalayak ramai. Ketika Anda memulai sebuah usaha, sebaiknya pikirkan dengan seksama apa nama perusahaan Anda dan ciptakan logo yang berhubungan dengan nama tersebut dan buatlah agar terlihat menarik. Karena sebagus apapun produk yang Anda miliki, tidak akan dikenal orang jika Anda tidak memperkenalkannya (mempromosikannya).
  • Terus melakukan inovasi untuk memenangkan persaingan. Meningkatkan level UKM agar naik ke level yang lebih tinggi dan bisa bersaing di tengah gempuran pasar tentunya membutuhkan inovasi. Karya-karya penuh inovasi tentunya akan sangat diminati oleh masyarakat. Jadi, jangan segan untuk lebih kreatif dan juga inovatif untuk terus menciptakan produk berkualitas dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
  • Mampu bertahan dan beradaptasi dengan tantangan pasar. Ya, karena semakin hari pertumbuhan usaha akan semakin banyak dan ramai. Jadi, pastikan Anda bisa memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar yang semakin beragam.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS