December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Menggabungkan Bisnis Anda

By admin - Wed Jun 20, 4:51 pm

Menggabungkan bisnis terkadang diperlukan untuk mencapai puncak kesuksesan. Menggabungkan bisnis benar-benar penting. Meskipun terkadang penggabungan ini membuat Anda ragu dan takut karena pastinya pada awalnya aka nada sejumlah besar dokumen dan ketekunan yang akan menghantui hari-hari Anda. Tetapi dengan penggabungan ini, Anda juga bisa menikmati keuntungan tersendiri yang tidak bisa Anda dapatkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggabungkan bisnis.

Menggabungkan bisnis

Langkah pertama adalah dengan memilih nama bisnis Anda. Hal ini merupakan salah satu langkah terpenting yang harus Anda tempuh. Nama perusahaan penting karena nama bisnis Anda akan memberikan informasi tentang jenis bisnis Anda dan bagaimana sifatnya. Jangan memilih nama yang terlalu rumit karena akan menyebabkan orang lain akan susah mengingat bisnis Anda. Sebelum Anda memutuskan nama mana yang akan Anda pilih, pastikan Anda memeriksa ketersediaan di kantor pemerintahan untuk kemudian mendaftarkan merek dagang Anda. Jika ternyata merk dagang sudah ada yang menggunakan, sebaiknya Anda menggunakan nama alternative yang harus dipersiapkan sebelumnya.

Menggabungkan bisnis juga mencakup lokasi yang Anda pilih. Anda harus memastikan bahwa lokasi usaha Anda cocok atau pas dengan tujuan didirikannya usaha Anda. Ketiga, tentukan jenis corporation. Anda harus memilih jenis perusahaan yang Anda buat. Keempat adalah pemilihan direksi perusahaan. Tahap pemilihan inilah yang paling penting karena memilih orang yang kompeten dalam mengatur jalannya perusahaan tidaklah mudah. Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih karena direksi akan mepengaruhi bisnis Anda secara keseluruhan. Jadi, sebelum Anda memilih direksi, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa kandidat kuat dan kemudian menyeleksi satu per satu sampai menemukan yang paling cocok. Kelima, menentukan jenis saham bagi pemegang saham. Hal ini harus Anda pelajari lebih lanjut untuk kesuksesan perusahaan Anda kedepannya. Keenam, mendapatkan sertifikat pendirian. Ketujuh, proses dan file dokumen. Anda harus mengetahui keputusan mana yang harus Anda ambil dan mana yang terbaik untuk Anda.

Contoh konkret yang bisa Anda amati adalah penggabungan usaha kos-kosan dan laundry kiloan. Dua usaha ini bisa berdiri sendiri. Tetapi apakah menurut Anda bisnis ini akan lebih maju jika dijalankan bersama atau sendiri-sendiri? Tentu saja penggabungan bisnis ini akan sangat menguntungkan atau bahkan berkali-kali lipat lebih menguntungkan daripada jika berdiri sendiri. Karena pangsa pasarnya tentu lebih besar dan omzetnya pun lebih besar.

Menggabungkan bisnis kos-kosan dan laundry kiloan sudah mulai marak dilakukan di lingkungan perkantoran maupun kampus. Anda bisa menentukan target pasar. Target pasar dari laundry ini dilihat dari adanya pergeseran gaya hidup serta tuntutan kebutuhan ekonomi. Strategi promosi juga harus diperkirakan. Perusahaan Anda bisa melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang disampaikan harus bersifat informative advertising (pengiklanan secara lisan). Metode yang palingsederhana dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosidari mulut ke mulut. Walaupun strategi ini sangat sederhana, namun efektifitas penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi lain adalah melalui media promosi, seperti:

  • Selebaran atau flyer. Gaya iklan murah ini akan memberikan informasi produk, jasa dan promo kepada masyarakat.
  • Banner (spanduk). Spanduk ini harus diletakkan di lokasi yang strategis agar pesannya tersampaikan. Misalnya di lingkungan kampus, perempatan jalan, dan lain sebagainya.
  • Poter. Poster ini bisa ditempel diberbagai tempat yang mudah terbaca oleh calon konsumen.
  • Koran. Anda harus memilih Koran local agar pesannya lebih sampai.
  • Radio local. Hal ini sangat efektif karena mayoritas mahasiswa (yang menjadi target market) mempunyai kebiasaan mendengarkan radio kesukaan mereka.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS