August 29 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CMostly Cloudy - Humidity: 81%
Advertisement

Cara Mengembangkan Bisnis

By admin - Tue Feb 21, 2:29 pm

Cara mengembangkan bisnis pasti berkaitan dengan perubahan kerangka berpikir Anda, jenis apapun bisnis Anda, entah itu bisnis kecil, sedang atau besar. Cara mengembangkan bisnis awalnya harus dilatih dari diri Anda sendiri karena kemungkinan besar adalah semakin banyak orang yang akan tergantung pada Anda dalam memberikan arahan yang lebih baik dan kepemimpinan. Bersikap tidak jelas merupakan kekurangan yang akan menambah cacat perusahaan Anda sehingga dapat menimbulkan virus demotivasi dan keadaan serba bingung.

Sebelum mengambil langkah mengembangkan bisnis, barangkali pertanyaan mendasar yang perlu Anda ajukan pada diri sendiri adalah apakah Anda benar-benar siap untuk berubah sebagai seorang individu atau sebaliknya. Sebab membesarkan bisnis bukan semata mencari modal lebih dan menambah SDM melainkan juga mesti siap beradaptasi pada hal-hal yang baru serta peran yang lebih besar yang Anda ciptakan bagi diri sendiri. Serangkaian rumus dan dan prosedur dari macam-macam buku mungkin telah habis Anda “santap”, tetapi sesungguhnya proses berkembang ini membuat Anda menemukan lebih banyak intemplasi diri melalui pembuktian ulang dan berbagai pengalaman pahit yang sempat Anda lalu. Sebuah petuah yang telah dicap usang, berakit-rakit ke hulu bersenang-senang kemudian, patut Anda pahami kembali. Memang seperti itulah mendirikan bisnis, permainan judi yang mendidik.

Cara mengembangkan bisnis

Cara mengembangkan bisnis juga harus mendefinisi ulang hal-hal yang mendorong keuntungan. Untuk itu Anda harus mengetahui apa yang disebut dengan key matriks. Key matriks adalah sesuatu yang digunakan untuk menilai seberapa bagus perusahaan bekerja dengan memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi laba. Contoh key matriks: persentase total pendapatan pengacara yang dibayar per jam, biaya per penumpang, aset, inventory turn over, working capital ratio, average margin. Pengembangan bisnis dilakukan dengan cara:

  1. Mengubah unit bisnis.
  2. Mengubah sesuatu pada key matriks yang ada.

Mengubah 2 hal di atas bisa menjadi mesin yang kuat untuk pertumbuhan. Dari sudut pandang persaingan perubahan dalam unit bisnis bisa menjadi hal yang menyulitkan pesaing untuk merespon karena terkadang perubahan tersebut mendadak. Meskipun pesaing itu tahu cara menghadapi perubahan tetap perlu waktu untuk merespon.

Cara mengembangkan bisnis bisa dilakukan dengan melakukan beberapa langkah perubahan, yaitu:

  1. Tentukan unit bisnis apa yang ingin diubah.
  2. Pertimbangkan apakah perusahan bisa menarik biaya dengan cara yang berbeda?
  3. Pertimbangkan bisakah perusahaan menarik biaya dari konsumen dengan nilai yang ditawarkan.
  4. Meningkatkan kecepatan aliran uang.
  5. Meningkatkan produktivitas matrik dengan cara 5Re (remove, replace, reduce, redesign,redistribute), mengurangi waktu yang terbuang dan biaya transaksi.
  6. Meningkatkan kegunaan asset.
  7. Bantu tingkatkan aliran uang konsumen.
  8. Tingkatkan kegunaan aset pelanggan dengan cara:
  • ?Membantu konsumen menggunakan aset dengan lebih produktif.
  • Membantu mengurangi fixed asset.

Sebelum mengimplementasikan langkah-langkah di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Identifikasi unit bisnis dan key matrix yang berhubungan.
  2. Identifikasi halangan-halangan untuk berubah.
  3. Tinjau kembali segmen kunci dari segmen yang dipilih.
  4. Nilai kebutuhan akan kapabilitas dan potensi untuk ketahanan internal.
  5. Putuskan rencana pemasaran dan komunikasi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement