July 28 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CPartly Cloudy - Humidity: 89%
Advertisement

Cara Mengembangkan Bisnis

By admin - Fri Feb 17, 3:41 pm

Cara mengembangkan bisnis tentu saja selalu diminati oleh semua pebisnis. Cara mengembangkan bisnis selalu dijabarkan dengan beberapa konsep yang dituangkan dalam berbagai seminar, pelatihan dan anek buku. Walaupun penjabaran tentang metode dan konsep pengembangan bisnis ini terlihat sangat kompleks, tapi kenyataanya adalah hanya ada tiga cara untuk mengembangkan suatu bisnis atau usaha. Cara pertama adalah meningkatkan jumlah pelanggan. Anda meningkatkan jumlah pelanggan yang Anda miliki dengan menjangkau pelanggan baru yakni dengan penawaran yang ada atau mengembangkan penawaran baru. Idealnya Anda akan harus memanfaatkan penawaran Anda untuk memasuki pasar baru atau memperluas jangkauan dalam pasar yang ada.

Cara mengembangkan bisnis

Tiga pertanyaan kunci untuk menjawab untuk meningkatkan jumlah pelanggan adalah:

  1. Siapa yang memiliki kebutuhan nyata untuk produk / jasa yang saya jual?
  2. Apakah produk saya hasilkan bisa menghemat uang atau memberikan nilai tambahan bagi pelanggan? Jika ada, berapa banyak? Apakah pelanggan mengeluarkan dana untuk mengatasi kebutuhan tersebut hari ini?
  3. Berapa banyak dari mereka merupakan pelanggan potensial yang ada? Bagaimana Anda bisa menjangkau mereka?

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan riset pasar. Riset pasar merupakan strategi awal untuk menjual. Hal ini mengajarkan Anda banyak hal tentang apa yang akan Anda perlu tahu untuk secara efektif menjangkau pelanggan baru seperti apa yang harus dikatakan, bagaimana mengatakannya dan kepada siapa.

Cara mengembangkan bisnis yang kedua adalah meningkatkan frekuensi pembelian. Jalan tercepat untuk meningkatkan frekuensi pembelian adalah dengan membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan yang ada untuk melakukan bisnis dengan Anda berulang kali. Cara lain untuk mencapai hal ini adalah memberikan “nilai tambahan” bagi pelanggan yang pada akhirnya membangun loyalitas untuk pelanggan. Jika Anda membuat sistem yang lebih mudahkan bagi pelanggan untuk bertransaksi/membeli sebuah produk dari perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda, maka Anda akan menjadi pihak yang lebih unggul dari mereka. Hal ini, tentu saja, mengasumsikan bahwa produk atau jasa yang sebanding atau lebih unggul pesaing Anda.

Di luar “program loyalitas pelanggan”, berikut adalah strategi untuk meningkatkan freakuensi pembelian produk, yaitu pelayanan purna jual atas berbagai produk ataupun jasa yang kita pasarkan. Karena pada umumnya, pembeli atau pelanggan sangat mempertimbangkan pelayanan purna jual suatu produk yang memberikan jaminan bagi mereka setelah pelanggan melakukan pembelian. Mereka ingin memastikan tidak ada kesulitan di kemudian hari setelah menjatuhkan pilihan pada suatu produk.

Cara mengembangkan bisnis yang ketiga adalah meningkatkan jumlah unit yang terjual. Sudah menjadi hal umum bahwa Anda akan meningkatkan jumlah unit yang terjual saat Anda meningkatkan jumlah klien dan frekuensi pembelian. Tapi Anda juga dapat meningkatkan jumlah unit yang terjual dengan memahami bagaimana menambahkan nilai pada produk atau jasa yang dihasilkan pada bisnis atau usaha Anda. Jika Anda ingin menjual lebih banyak produk, maka Anda secara otomatis akan mendekatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Karena sejatinya, jika pelanggan Anda semakin merasa puas dengan barang-barang atau jasa yang Anda tawarkan, mereka akan selalu menaruh kepercayaan kepada Anda.

Dengan riset, Anda juga akan melihat keinginan para pelanggan Anda yang kemudian harus Anda usahakan untuk memebuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Jika pelanggan Anda semakin percaya pada Anda, maka mereka akan berbelanja lebih banyak dan secara otomatis keuntungan Anda pun berlipat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement