October 24 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CPartly Cloudy - Humidity: 83%
Advertisement

Cara Mengambil Ide Usaha Waralaba

By admin - Fri Jan 20, 4:32 pm

Usaha waralaba bisa didapatkan dengan mudah karena idenya ada disekitar Anda. Usaha waralaba yang paling marak untuk saat ini adalah makanan cepat saji dan minimarket. Ide usaha ini bisa juga Anda lihat ketika Anda sedang berada di suatu toko swalayan. Coba Anda tengok di pelataran parker, pasti disitu banyak sekali outlet aneka jajanan yang dijual secara sistem waralaba. Ide waralaba bisa Anda dapatkan ketika Anda sedang jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan di kota Anda, mulai dari pintu masuk, biasanya sudah berjejer aneka bisnis waralaba yang disuguhkan kepada pengunjung mall.

Saat ini jika Anda ingin memulai bisnis dari nol, memang perlu sedikit kerja extra keras dibanding dengan model bisnis waralaba yang memang sudah sukses dan tinggal Anda ikuti model bisnis-nya tanpa harus mencari ide-ide bisnis yang akan Anda mulai. Misalnya saja bisnis waralaba pisang goreng atau model bisnis waralaba keripik singkong yang tadinya orang tidak kenal dan tidak tahu bagaimana mengolah singkong agar menjadi jajanan favorit setiap orang. Dengan langsung bergabung dengan bisnis waralaba yang memang sudah berhasil dan sukses dalam mengembangkan model usaha waralaba, Anda langsung bisa membuka outlet.

Usaha waralaba akan sangat berbeda hasilnya dengan usaha sendiri. Misalnya jika Anda memulai bisnis jajanan singkong, yang notabene jika Anda jual, pasti orang tidak tertarik untuk membeli. Kecuali Anda punya skill dalam mengolah singkong atau sumber makan lainnya menjadi jajanan yang menarik dan diminati oleh orang lain. Selain keahlian dalam mengolah makanan, jika Anda ingin memulai ide bisnis sendiri, Anda juga harus mampu menyajikan produk atau kemasan yang Anda jual seunik mungkin. Mulai dari proses packaging, label/penamaan produk, outlet hingga promosi yang bisa menarik orang untuk mendatangi Anda dan membeli produk Anda.

Tetapi kebayangkan jika Anda ingin memulai ide bisnis sendiri dengan langsung bergabung dengan model bisnis waralaba yang sudah ada dan sudah banyak yang berhasil, Anda tinggal bergabung dengan salah satu bisnis waralaba yang ada. Ikuti prosedurnya dan jika sudah beres Anda langsung membuka outlet bisnis waralaba yang Anda inginkan. Apalagi sekarang tampaknya pertumbuhan toko-toko swalayan sudah mulai merebak sebagai tempat outlet bisnis waralaba Anda nantinya. Soalnya mau tidak mau biasanya model bisnis ini kebanyakan mencari hot-spot alias tempat-tempat yang strategis untuk berjualan. Tapi ada juga bisnis waralaba yang dijalankan dari depan rumah asal lalu lintas depan rumah Anda sedikit ramai.

Usaha waralaba pada intinya adalah jika Anda tidak mau ribet dalam memulai bisnis dari nol dan Anda memiliki cukup modal. Maka ide bisnis ini adalah solusi terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan cukup mudah dan peluang bisnis waralaba bisa bertahan cukup lama dengan waktu untuk modal kembali yang relatif cepat. Sekali lagi, asal strategi pemilihan tempat untuk outlet bisnis waralaba yang tepat.

Untuk menghindari kebangkrutan yang bisa terjadi, Anda harus bisa melihat melihat mana waralaba yang menguntungkan dan yang tidak. Perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Modal awal dan royalti waralaba yang cukup tinggi.
  2. Biaya bahan baku yang mahal.
  3. Minimnya pendanaan.
  4. Minimnya control lokasi
  5. Kurang kreatif
  6. Pemilik waralaba kurang mengenal daerah baru.

Menjalankan bisnis waralaba adalah sebuah keputusan serius yang harus dilaksanakan dengan hati-hati. Sebelum anda menyewa waralaba, banyak belajarlah mengenai perusahaan yang jadi target, begitu pula dengan produk dan lokasinya. Karena bahkan dengan produk dan lokasi yang baik, belum tentu anda bisa meraup laba. Jadi, pastikan Anda tahu risikonya sebelum membuka waralaba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement