November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Menetapkan Tujuan Promosi

By admin - Wed Feb 06, 4:27 pm

Tujuan promosi untuk penjualan itu adalah untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya dan meningkatkan omzet. Tujuan promosi sendiri membawa dampak positif bagi para pelaku usaha. Jadi tidak jarang kita jumpai event-event khusus yang diadakan untuk mempromosikan produk unggulannya pada masyarakat luas. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk lebih memperkenalkan produknya pada masyarakat luas.

Tujuan promosiBerbagai macam strategi promosi pun kemudian dilakukan untuk menarik minat calon konsumen dan juga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada produk Anda. Misalnya dengan memberikan sample gratis untuk produk-produk baru, promosi besar-besaran melalui pemberian diskon, memberikan pelayanan khusus pada konsumen yang membeli sejumlah tertentu, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali strategi yang bisa Anda terapkan untuk menarik konsumen yang lebih besar. Tapi sebelum Anda memilih strategi mana yang Anda inginkan, Anda juga harus merencanakan tujuan apa yang ingin Anda raih. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa apa yang Anda bidik sesuai dengan strategi yang Anda gunakan. Jika Anda masih bingung dengan tujuan apa yang sebaiknya dibidik, berikut ini beberapa tujuan untuk mempromosikan sebuah produk:

  • Memberikan daya tarik khusus. Tujuan promosi yang pertama adalah untuk mnarik konsumen, tentu saja. Karena jika ada program promosi atau event promosi pastinya akan digemari oleh masyarakat. Mengapa mereka menunggu adanya event ini? karena mereka menunggu saatnya untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih terjangkau. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik bagi konsumen. Jadi, mereka juga akan rela antri dan berdesak-desakan di lokasi event tersebut untuk mendapatkan produk unggulan dengan harga yang murah.
  • Meningkatkan angka penjualan. Peningkatan volume penjualan tentunya akan menaikkan omzet setiap bulannya. Tujuan ini dilakukan oleh mereka yang mempunyai stock melinpah di gudang. Jadi tujuan lain selain meningkatkan omset adalah untuk menghabiskan stock dan juga mmepercepat perputaran uang sehingga akan lebih cepat balik modal.
  • Membangun loyalitas konsumen. Tujuan promosi yang ketiga ini bisa membangun konsumen yang tadinya hanya ingin coba-coba. Jadi, dengan cara ini akan membangun loyalitas konsumen. Mereka akan percaya pada produk Anda dan menggunakan produk Anda ecara berkelanjutan. Dan tentunya dibutuhkan strategi promosi yang jitu untuk mewujudkan ini. misalnya dengan memberikan kupon yang berisi diskon 25% setelah pembelian ke-3, buy one get one, dan lain sebagainya. Dengan hadiah dan penawaran yang menarik, maka konsumen juga akan semakin tertarik dan mempercayakan untuk selalu berbelanja produk Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS