November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Mendapatkan Ide Artikel Blog

By admin - Wed Apr 11, 4:23 pm

Cara mendapatkan ide artikel blog terkadang membuat para blogger kesulitan dan kebingungan. Cara mendapatkan ide artikel blog akan semakin terasa membosankan dan mandeg apabila sedang tidak bisa berpikir jernih. Pada intinya, teknik menulis artikel blog dengan cara ini adalah dengan merefleksikan diri Anda ke dalam bentuk tulisan di blog Anda. Untuk melakukannya, kita dapat mengklasifikasikan pertanyaan dalam diri kita dan menjawabnya dengan jujur mengenai sebuah topik yang akan kita tuliskan dalam artikel blog kita.

Pertanyaan yang perlu Anda jawab adalah sebagai berikut:

  1. Apa sih yang membuat saya tertarik dengan topik tersebut?
  2. Apa yang saya tahu tentang topik tersebut?
  3. Apa yang saya tidak tahu tentang topik tersebut?
  4. Apa yang saya rasakan bila saya mengalaminya atau berhadapan dengannya?
  5. Apa yang saya harapkan terkait topik tersebut?

Cara mendapatkan ide artikel blog

Cara mendapatkan ide artikel blog dengan menjawab kelima pertanyaan di atas mengenai topik yang akan Anda angkat dalam sebuah artikel blog, kita dapat merefleksikan diri kita pada apa yang kita tulis di blog. Pendapat, harapan, dan pengetahuan Anda akan terangkai menjadi sebuah artikel blog yang sarat dengan informasi dan opini. Sebagai contoh, semisal Anda baru saja menonton tayangan infotaintment yang membahas tentang gosip dan Anda ingin mengomentari narasi dari tayangan infotaintment tersebut yang bagi Anda dirasa terlalu vulgar dan tidak sopan.

Selain hal tersebut, Anda juga bisa menulis artikel tentang kronologis dan testimonial. Artikel kronologis sebenarnya adalah artikel yang paling mudah dibuat. Artikel ini mengenai suatu kejadian yang dialami oleh penulisnya, sehingga banyak bahan yang bisa dituangkan kedalam tulisan. Caranya adalah Anda cukup mengingat kembali apa yang Anda alami dalam suatu kejadian dan kemudian menuangkannya dalam tulisan dengan gaya bahasa bercerita. Kemudian ada artikel ilmiah. Ketika membuat artikel ilmiah mengenai suatu subjek, tentu saja harus ada riset yang mendalam tentang itu. Anda bisa menggunakan Google sebagai pendukung Anda bekerja. Yang pertama Anda lakukan adalah menentukan topik. Misalnya seperti mitos tentang luar angkasa yang beredar di masyarakat. Lalu Anda bisa menentukan lagi kerangka tulisannya, seperti matahari, meteor dan asteroid. Kemudian Anda tinggal browsing aja dengan kata-kata kunci tersebut. Anda bisa melakukan searching di Google dengan bahasa inggris dikarenakan kadang artikel dalam bahasa Indonesia masih kurang valid jika dijadikan referensi ilmiah.

Cara mendapatkan ide artikel blog dengan ide artikel ilmiah juga tidak boleh sembarangan. Setelah ketemu bahan-bahannya, Anda ambil beberapa paragraf, masukkan ke dalam Google Translate untuk memamhami lebih lanjut topik yang dibicarakan. Setelah cukup paham, barulah Anda menulis ulang dengan mengutip dari bahan-bahan yang telah Anda temukan tersebut. Tidak lupa Anda juga harus menambahkan tautan/link pada setiap kata yang mereferensikan sumber Anda tersebut. Dan artikel ilmiah telah jadi, tinggal menampilkan gambar dan masukkan ke antrian penerbitan.

Selanjutnya adalah artikel tentang sekitar kita. Artikel berisi kritik sosial memang tidak jarang menimbulkan kontroversi. Namun itu semakin menambah ramainya blog. Tidak mengapa jika Anda mengungkapkan apa yang menjadi perhatian kita tentang isu yang sedang berlangsung, kejadian di masyarakat dan lain-lain. Untuk menulis jenis tulisan yang ini, Anda bisa memperbanyak membaca berita, lalu memutuskan pendapat Anda sendiri. Setelah itu, Anda juga bisa mencari jurnal-jurnal dan tulisan ilmiah yang mendukung pendapat Anda tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS