November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Mempersiapkan Reksa Dana Online

By admin - Tue Jun 12, 4:58 pm

Reksa dana online sudah mulai diperkenalkan beberapa tahun lalu seiring dengan naiknya pamor internet di kalangan masyarakat. Reksa dana online ini pastinya sejalan dengan mengubah mindset Anda tentang investasi. Jika awalnya Anda mempunyai mindset bahwa menabung dengan hasil yang rendah namun pasti, Anda harus segera mengganti mindset tersebut menjadi berinvestasi dengan hasil yang lebih tinggi tetapi menghadapi resiko penurunan.

Reksa dana online

Setelah Anda mengubah mindset Anda, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi investor yang handal. Karena dalam investasi ini, terdapat pula resiko penurunan yang tergantung pada jenis reksadana dan juga kondisi yang sedang berlaku. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang investor. Pertama, dengan memenuhi syarat administrasi dasar, yaitu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Kedua dokumen ini merupakan syarat utama karena tanpa kedua dokumen ini, proses pembukaan rekening, pembelian dan penjualan reksa dana akan menjadi sulit.

Reksa dana online juga membutuhkan persiapan kedua, yaitu mempersiapkan kondisi financial Anda dengan baik. Yang dimaksud dengan baik di sini adalah minimal:

1)       Mempunyai dana cadangan minimal senilai 6-12 bulan pengeluaran.

2)       Tidak mempunyai angsuran mobil dan rumah yang nilainya lebih dari 30% pendapatan bulanan.

3)       Tidak mempunyai hutang kartu kredit atau hutang konsumtif lainnya.

Persiapan ketiga, membuat perencanaan investasi yang komprehensif. Perencanaan ini tentunya akan membuat Anda dan keuangan Anda semakin mantap ketika melakukan transaksi. Perencanaan ini mempunyai cirri-ciri antara lain sebagai berikut, yaitu mempunyai kejelasan tentang apa tujuan investasi, berapa nilai tujuan yang harus dicapai, kapan tujuan tersebut harus mencapai dan bagaimana strategi yang akan dipergunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Persiapan keempat adalah menyiapkan strategi investasi reksa dana yang sesuai dengan rencana investasi dan kemampuan financial Anda. Adapun strategi investasi reksa dana secara umum bisa dilakukan dengan:

1)       Investasi sekaligus di awal (Lumpsum Investment).

2)       Investasi berkala secara periodic (Cost Averaging).

3)       Investasi dengan memeprtahankan komposisi investasi (Rebalancing and Diversification).

4)       Investasi dengan focus pencapaian tujuan investasi (Dynamic Rebalancing and Averaging).

Reksa dana online juga membutuhkan persiapan keempat, yaitu meningkatkan pengetahuan dan juga pemahaman Anda akan cara kerja reksa dana, pemilihan reksa dana yang berinerja baik dan juga isu-isu terkait investasi reksa dana sendiri. Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak sumber-sumber terpercaya dan kompeten untuk Anda pelajari, baik di majalah maupun secara online. Untuk hasil informasi yang lebih akurat dan secara langsung, Anda bisa belajar langsung dari manajer investasi yang akan menuntun Anda dengan baik. Tetapi tidak ada salahnya Anda juga menambah wawasan dengan mengikuti berita yang berkembang.

Produk reksa dana ini mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Itulah sebabnya Anda harus mengerti berbagai macam perkembangan dan isu terkait. Karena potensi hasil investasi juga akan selalu berkembang dan berbeda dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012 tentu kesempatan untuk meraih keuntungan juga tidak sama dengan tahun –tahun yang lalu. Karena setiap perkembangan ekonomi suatu Negara juga mempengaruhi hal perkembangan ini. Anda selaku investor juga tentunya mampu mengamati hal ini dengan lebih jeli agar tidak “buta” akan kesempatan dan kemungkinan meraih keuntungan. Jadi, jangan malas mengamati berita atau perkembangan apapun seputar perekonomian. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS