September 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 29 °CHaze - Humidity: 70%
Advertisement

Cara Memilih Jenis Usaha Yang Tepat

By admin - Tue Jul 10, 8:34 am

Cara memilih jenis usaha akan berpengaruh pada kelanjutan kesuksesan Anda nantinya. Cara memilih jenis usaha yang akan dipaparkan akan membantu Anda untuk mendapatkan kerangka usaha yang cocok untuk Anda. Sebelum menentukan jenis usaha yang cocok dan akan Anda kembangkan, Anda harus mampu menentukan sikap mana yang akan Anda ambil. Ada beberapa ide bisnis yang harus Anda saring agar menemukan sesuatu yang sangat tepat untuk Anda. Setelah disaring, Anda juga harus mempertimbangkan dan akhirnya sampai memilih usaha yang paling mungkin dijalankan dan tentu saja yang paling menguntungkan bagi Anda.

Cara memilih jenis usahaPertimbangan lain yang harus Anda lakukan adalah potensi keuntungan dari jenis usaha yang Anda pilih. Karena apapun jenis usaha Anda, semuanya bermuara pada perolehan keuntungan yang pada akhirnya mempengaruhi kesuksesan Anda. Tetapi sebaliknya, jika Anda mempunyai potensi keuntungan yang tinggi tetapi Anda tidak mampu mempunyai kemampuan untuk menjalankannnya, maka usaha Anda tidak akan berhasi. Idelanya adalah Anda harus mampu memilih jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan, minat dan tentu saja bisnis yang mendatangkan keuntungan. Memilih jenis usaha yang akan Anda ambil adalah proses yang cukup rumit dan memakan resource tersendiri.

Cara memilih jenis usaha juga berkaitan dengan waktu memulai sebuah usaha. Sebaiknya Anda tidak terlalu lama menimbang-nimbang jenis usaha yang akan Anda ambil. Karena terlalu banyak pertimbangan justru akan membuat bisnis Anda terlalu lama terlaksana. Tetapi Anda juga tidak boleh terlalu cepat dalam mengambil keputusan tanpa memperhatikan pertimbangan yang masak. Anda harusnya menuliskan daftar ide bisnis yang ada di dalam pikiran dan juga penjabaran nilai plus minusmya. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah menentukan langkah awal dan memilih mana saja yang berpotensi memberikan keuntungan maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan agar tidak salah pilih bisnis.

Tips yang pertama adalah dengan bertanya kepada orang terdekat. Orang terdekat adalah sosok yang sangat mengetahui potensi dan kemampuan Anda, sehingga masukannya sangat bermanfaat untuk karir Anda. Tetapi yang perlu diperhatikan juga adalah Anda harus benar-benar memilih orang yang tepat dan dapat dipercaya untuk meminta pendapat. Anda tidak boleh memilih orang yang pesimis untuk bertanya karena bisa membuat Anda ragu dan bahkan bisa menghalangi niat Anda untuk memulai sebuah bisnis. Walaupun orang lain merupakan second opinion bagi Anda, tetapi Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Pilihlah seseorang yang mampu memberikan inspirasi dan semangat kepada Anda.

Cara memilih jenis usaha yang kedua adalah dengan melihat trend bisnis yang sedang berkembang. Anda bisa melakukan proses pengamatan bisnis dan peluang usaha di sekitar Anda. Jadi, belajarlah untuk menjadi seorang pengamat yang baik untuk mendapatkan peluang usaha yang baik pula. Tips yang ketiga adalah dengan mengumpulkan informasi tertulis. Anda bisa berkunjung ke perpustakaan atau toko buku untuk bisa mendapatkan ide tentang kewirausahaan. Segudang ide bisnis bisa Anda temukan di berbagai media. Tetapi pilihlah salah satu sumber yang umum ketika Anda akan memulainya. Tips keempat adalah dengan mengumpulkan informasi dari internet. Ada banyak sekali forum dan artikel di internet yang bisa menginspirasi Anda dari beberapa orang yang sudah pandai berbisnis. Anda bisa mempelajari pengalaman orang lain dari internet dan mereka bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda.

Tips yang kelima adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan bisnis. Tahapan ini bisa Anda lakukan apabila Anda sudah mengerti tentang ide bisnis yang Anda inginkan. Karena pelatihan ini bertujuan untuk mempertajam dan menstimulasi ide-ide baru untuk Anda. Jadi, jangan takut untuk memulai sebuah usaha.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement