December 20 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CFog - Humidity: 84%
Advertisement

Cara Memilih Jenis Usaha Untuk Wiraswasta

By admin - Tue Jul 17, 5:17 pm

Cara memilih jenis usaha untuk wiraswasta harus dipilih dengan benar-benar spesifik agar tidak salah langkah. Cara memilih jenis usaha untuk wiraswasta ini harus dibangun dengan menyeluruh agar mampu membina dan membangun aspek-aspek bisnis yang sesuai dengan karakter Anda. Selain itu, dalam memilih jenis usaha yang akan Anda ambil, Anda harus benar-benar serius dan focus. Karena dengan membangun usaha sendiri, kita akan membantu Pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Dengan mandiri, kita juga akan menjadikan diri kita memberikan peran pada masyarakat sekitar untuk menjadi karyawan di dalam usaha Anda tersebut.
Cara memilih jenis usaha untuk wiraswasta

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk membangun bisnis. Yang pertama adalah dengan mengembangkan bisnis sesuai dengan hobi Anda. Terutama jika Anda mempunyai hobi yang bias menghasilkan uang, misalnua desain. Baik desain grafis maupun desain rumah. Anda bias mengembangkan hobi Anda tersebut dengan membangun usaha konsultan arsitek rumah, ahli desain grafis, web design, dan lain sebagainya. Untuk usaha awal jika Anda masih belum mempunyai modal yang cukup, Anda bisa memulai usaha sablon kaos dan menerima pesanan. Misalnya ketika Anda masih mahasiswa dan ingin mengembangkan kemampuan dan pendapatan, Anda bias membuat desain baju atau kaos kemudian memasarkannya di internet. Jangan lupa untuk memanfaatkan beberapa momen, misalnya momen dimana teman kampus Anda akan membuat jaket kelas, maka Anda bisa menawarkan jasa desain dan pesan di tempat Anda. Kemudian Anda bisa memesan desain jaket Anda di perusahaan sablon. Cukup menggiurkan kan? Bayangkan jika mereka puas dengan desain Anda dan ikut mempromosikan desain Anda ke beberapa kelas lain atau bahkan ke kampus lain. Omset Anda pun akan semakin besar.
 

Cara memilih jenis usaha untuk wiraswasta juga bisa dilakukan dengan cara yang kedua, yaitu dengan mengenali karakter Anda. Anda harus benar-benar mengenali karakter Anda sendiri, apakah Anda termasuk orang yang sabar atau tekun dalam menjalani proses. Karena jika Anda tidak mempunyai kedua karakter tersebut, maka Anda akan sulit untuk berwirausaha. Karena di dalam wirausaha selalu membutuhkan kesabaran dalam menjalani proses dan ketika mendirikan usaha. Jika mental kita sulit dibentuk untuk menjadi seorang wirausaha sejati, maka kita juga akan sulit berkembang karena di dalam sebuah usaha tidak hanya terjadi hal-hal yang neka saja. Untuk itu, kenali karakter Anda.
 

Cara yang ketiga adalah dengan menguatkan mental. Mental yang tahan banting sangat dibutuhkan oleh seorang wiraswasta. Karena jika tidak, kita tidak bisa dengan lancar menjalankan dan mempertahankan usaha kita. Jika sekarang Anda masih belum mempunyai mental tersebut, sebaiknya Anda mulai melatih mental Anda, yaitu dengan cara mengikuti beberapa seminar dan workshop yang berhubungan dengan wirausaha. Cara keempat adalah dengan memilih jenis usaha. Di luar sana, ada banyak sekali peluang usaha yang harus Anda pilih. Tetapi, cukup fokuskan pandangan Anda dan tekuni salah satu yang paling Anda sukai. Karena membangun usaha yang Anda sukai tentu akan berpengaruh pada mental dan rasa memiliki usaha tersebut.

 

Cara memilih jenis usaha untuk wiraswasta yang kelima adalah dengan menentukan pasar. Anda harus mempelajari pasar yang Anda targetkan. Pelajari secara sistematis, susun dan kemudian buatlah strategi dari usaha yang Anda ciptakan. Cara yang keenam adalah dengan menentukan lokasi. Anda harus memilih lokasi yang strategis, yaitu lokasi yang mempunyai akses mudah dengan fasilitas keamanan, transportasi dan lain sebagainya.
 

Cara ketujuh adalah dengan melakukan evaluasi. Anda harus secara rutin melakukan evaluasi usaha Anda di akhir bulan atau akhir tahun. Karena dari situ, nantinya Anda akan menentukan target apa saja yang sudah terpenuhi dan target apa saja yang belum terpenuhi. Semoga bermanfaat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement