December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Membangun Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage)

By admin - Wed Jun 20, 4:48 pm

Membangun keunggulan bersaing sangat penting untuk membangun kesuksan usaha Anda. Membangun keunggulan bersaing dapat didefinisikan sebagai factor apa saja yang memungkinkan bisnis untuk mendiferensiasi produk atau jasanya dari produk atau jasa pesaing untuk meningkatkan market share. Jadi, keunggulan bersaing ini berpengaruh atau menentukan suatu posisi bisnis Anda di dalam persaingan industry.

Membangun keunggulan bersaing

Ada dua strategi utama yang bisa Anda gunakan untuk mampu bersaing di dunia industry, yaitu low cost dan diferensiasi. Low cost atau biaya rendah selalu diminati oleh konsumen. Anda harus mampu menghadirkan sesuatu yang murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan tetapi tanpa meninggalkan kualitas. Misalnya persaingan terjadi di dalam usaha laundry kiloan di sekitar kampus. Ada banyak usaha kos yang kemudian diikuti oleh menjamurnya usaha laundry di sekitarnya. Konsumennya juga banyak. Lalu apa yang Anda lakukan agar mampu bersaing? Anda bisa mempraktikkan teori low cost. Jika rata-rata usaha laundery kiloan menawarkan Rp 3.500 / kg, Anda bisa menawarkan Rp 3.000/ kg. Selisih sekecil apapun pasti tetap akan dicari oleh kalangan mahasiswa. Karena itulah Anda harus cerdik dalam menerapkan strategi usaha Anda.

Membangun keunggulan bersaing juga bisa dilakukan dengan cara differensiasi. Kita ambil contoh usaha laundry kiloan tadi. Dengan menerapkan strategi diferensiasi, Anda bisa menetapkan tariff yang sama, yaitu Rp 3.500/ kg tetapi Anda juga menyediakan kupon, 10x cuci gratis 1 kg. Hal ini juga akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi konsumen Anda. karena logikanya, dengan harga yang sama, yaitu Rp 3.500/ kg, para konsumen akan lebih memilih usaha Anda karena ada gratis 1 kg tersebut. Bisa juga Anda memberikan gratis antar-jemput. Hal ini biasanya yang lebih diminati oleh para mahasiswa yang aktif dan tidak sempat mengantarkan cuciannya ke tempat laundry.

Jangan lupa untuk terus focus pada apa yang menjadi pilihan Anda. Misalnya Anda memilih strategi yang kedua, fokuskan strategi tersebut agar member nilai tambah dan bisa juga dipraktikkan dengan cara berbeda. Misalnya bulan ini mengadakan promo gratis gantungan kunci cantik untuk cuci minimal 5 kg, dan lain sebagainya. Jadi, Anda harus kreatif dalam berusaha. Selain itu, sumber daya manusia juga harus diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa karyawan Anda merupakan karyawan yang produktif dan inovatif. Misalnya Anda membuka usaha laundry kiloa, bukan berarti Anda bisa merekrut sembarangan karyawan. Anda harus memastikan bahwa mereka mempunyai tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa karyawan Anda ramah terhadap konsumen.

Membangun keunggulan bersaing harus dilakukan bersama-sama dengan karyawan yang berkompeten dan strategic. Kenyataan bahwa karyawan dewasa ini adalah sentral untuk pencapaian keunggulan bersaing telah mengarah ke munculnya bidang yang dikenal sebagai manajemen sumber daya manusia strategik. SDM strategik berarti menerima fungsi SDM sebagai mitra strategik dalam formulasi dari strategi-strategi perusahaan, juga dalam implementasi strategi-strategi tersebut melalui kegiatan-kegiatan SDM seperti perekrutan, seleksi, pelatihan, pengimbalan personil.

Karyawan yang strategic juga mempunyai andil yang besar terhadap perumusan strategi usaha Anda. Karena merumuskan sebuah rencana strategik keseluruhan perusahaan menuntut pengidentifikasian,penganalisisan, dan pengimbangan dua perangkat kekuatan; peluang dan ancaman eksternal perusahaan di satu pihak, dan kekuatan dan kelemahan internalnya di pihak lain. Inilah saatnya manajemen SDM strategik muncul. Pertama, manajemen SDM dapat memainkan peran dalam apa yang oleh para perencana strategik disebut Pengamatan lingkungan (environmental scanning). Dengan kata lain, mengindentifikasi dan menganalisis peluang dan ancaman yang mungkin penting bagi keberhasilan perusahaan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS