December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Membaca Peluang Usaha

By admin - Tue Jun 19, 4:57 pm

Cara membaca peluang usaha penting dilakukan untuk membawa bisnis Anda ke pintu kesuksesan. Cara membaca peluang usaha ini mungkin merupakan salah satu hal yang paling membuat pusing dan bingung. Karena di sini kita dituntut untuk lebih teliti dalam konsep. Misalnya apa yang kita inginkan dari melihat peluang usaha ini? Jenis usaha apa yang ingin tekuni? Apakah jenis usaha itu mampu bertahan di pasar? Dan lain sebagainya. Banyak pertimbangan akan membuat Anda semakin bingung dan juga semakin teliti dalam melangkah.

Cara membaca peluang usaha

Untuk bisa melihat jenis usaha yang Anda inginkan dan mampu bertahan di pasar, Anda harus melakukan beberapa tips berikut ini. Tips pertama adalah tentukan jenis usaha. Terkadang peluang usaha dilihat baru kemudian jenis usahanya ditentukan. Tetapi terkadang hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Yang artinya, jenis usaha ini adalah jenis usaha bersifat tren, bersifat intuisi Anda dan lain sebagainya. Karena jika usaha Anda bersifat tren, maka usaha Anda akan mempunyai prospek yang bagus ke depannya. Jika usaha Anda bersifat intuisi atau obsesi maupun cita-cita, sebaiknya Anda juga imbuhkan dengan sesuatu yang unik yang berbeda. Pikirkan alternative yang bagus dan unik yang bisa bertahan lama di pasar.

Cara membaca peluang usaha yang kedua adalah dengan melihat produk Anda. selain sifat jenis usaha, Anda juga harus melihat produk yang akan Anda pasarkan. Teliti dan kaji baik-baik karena Anda akan mendapatkan keuntungan hanya dari produk Anda yang terjual. Apakah produk Anda cepat habis sehingga pelanggan mempunyai traffic atau perputaran omzet yang banyak? Apakah produk Anda lama habisnya tetapi keuntungan besar ketika produk Anda terjual? Teliti lebih lanjut mana yang Anda inginkan dan mana yang lebih menguntungkan.

Cara ketiga adalah tentukan target pasar. Jadi seerti yang kita ketahui bahwa produk Anda bisa terjual jika terdapat di pasar yang mana produk Anda akan terjual. Tentukan pasar atau daerah yang akan Anda masuki, jika memungkinkan Anda bisa menargetkan untuk mengekspor produk Anda. hal ini tidaklah mustahil mengingat banyak sekali cara yang bisa ditempuh agar bisa masuk ke pasar Internasional. Tetapi yang perlu diingat adalah Anda perlu memastikan kualitas produk Anda adalah kualitas Internasional agar tetap laku dan laris manis.

Cara membaca peluang usaha yang keempat adalah usaha di sekitar Anda. Jika di sekitar usaha Anda sudah ada usaha sejenis, Anda harus mengkaji ulang produk Anda. Jangan sampai Anda merugi karena sudah ada produk serupa di wilayah yang Anda inginkan. Kaji ulang dan temukan pasar yang lain yang bisa menerima produk Anda dengan lebih baik. Banyaknya pesaing akan mengakibatkan produk Anda kurang terjual, bahkan yang mengerikan adalah tidak terjualnya produk Anda. Tetapi jangan pernah takut untuk mencobanya. Anda harus memastikan produk Anda mempunyai karakteristik tersendiri sehingga layak jual dan mampu bersaing dengan produk yang sudah ada. Tetapi jika Anda tidak mempunyai karakteristik, maka tetap kaji ulang produk Anda.

Setelah melihat cara di atas, sekarang saatnya Anda merasa yakin untuk menentukan jenis usaha yang akan Anda tekuni dan resiko yang membayanginya. Jika Anda merasa yakin dengan jenis usaha yang Anda dapatkan, cobalah untuk menemukan jenis usaha yang lain. Untuk memastikan produk Anda bagus atau tidak, buatlah jurnal untuk membandingkan jenis-jenis usaha yang Anda inginkan dan yang ada di pasaran. Cara ini akan membantu Anda menentukan jenis usaha yang cocok dengan usaha Anda dan dnegan pasar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS