November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Melihat Penjual Online Penipu

By admin - Mon Sep 02, 4:01 pm

Penjual online penipu pastinya membuat calon konsumen menjadi ragu untuk berbelanja. Penjual online penipu juga membuat para penjual online terpercaya menjadi ketar-ketir karena namanya juga ikut tercemar. Karena dengan adanya perkembangan teknologi yang tidak pernah berhenti, pertumbuhan online shop pun meningkat dimana tidak sedikit perkembangan para penipu di bidang ini. Mereka memanfaatkan kemudahan teknologi dan kebutuhan masyarakat akan kepraktisan untuk menipu.

Penjual online penipuDan seperti yang kita ketahui bersama, penipuan berkedok online shop sekarang ini sudah banyak menelan korban. Sebagai konsumen, Anda sebaiknya berhati-hati agar bisa terhindar dari penipuan online ini. Tindak penipuan yang ada di dunia online bisa Anda antisipasi dengan mengenali ciri-ciri penjual online shop yang terpercaya, antara lain:

  • Teliti terlebih dahulu dengan siapa Anda melakukan transaksi. Penjual online penipu akan mudah menjaring korbannya jika sang korban tidak berhati-hati. Untuk itulah Anda harus berhati-hati. Sebelum mulai memesan, Anda harus mengetahui dengan siapa Anda melakukan transaksi. Bacalah informasi penjual dengan seksama di website online shop tersebut. Untuk memutuskan apakah website tersebut terpercaya atau tidak tidak, Anda bisa menelitinya lebih lanjut. Salah satu contohnya adalah dengan mengecek kebenaran alamat toko yang bisa Anda kunjungi serta nomor telepon, email, halaman twitter dan facebook yang selalu aktif selama melakukan promosi.
  • Perhatikan cara pembayaran yang ditawarkan pada Anda. Hal ini juga sangat penting selain informasi lengkap di website-nya. Untuk online shop yang terpercaya biasanya menggunakan layanan bank berstandar Nasional, seperti BCA, Mandiri, BRI atau BNI. Sedangkan untuk pembayaran di luar Bank, biasanya menggunakan system COD (Cash on Delivery) atau paypal.
  • Ada customer service yang bisa dihubungi dalam jam kerja. Online shop yang terpercaya pasti mempunyai customer service yang bisa dihubungi setiap saat, paling tidak pada jam dan hari kerja. Karena mereka selalu berusaha bersikap professional dengan membantu konsumennya yang sedang mencari barang-barang kebutuhannya. Untuk itulah, pastikan online shop yang Anda pilih mempunyai customer service yang bisa melayani para konsumennya dengan baik dan professional. Nah untuk menghindari penipuan, pastikan Anda menanyakan pada customer service tersebut dengan siapa Anda berkomunikasi dan catat alamat serta nomor telepon perusahaan yang bersangkutan.

Penjual online penipu biasanya tidak berani melengkapi online shop-nya dengan berbagai informasi dan pertanyaan detail dari calon konsumen. Jadi dengan menerapkan tips di atas, diharapkan Anda bisa menghindar dari penipuan di dunia maya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS