October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Cerdas Menghindari Perang Harga

By admin - Fri Jul 20, 5:01 pm

 

Cara cerdas menghindari perang harga akan membantu Anda untuk meningkatkan citra usaha Anda di mata masyarakat. Cara cerdas menghindari perang harga akan menghindari banting harga yang biasanya dijadikan sebagai jurus pamungkas untuk menghadapi persaingan. Dengan banyaknya media yang dengan mudah diakses, maka persaingan di dunia usaha juga semakin sengit, dan ini membuat perang harga di kalangan para pelaku usaha sudah tidak bisa dielakkan lagi. Kondisi ini tentunya tidak memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha. Karena jika setelah membanting harga dan akhirnya malah menelan kerugian, tidak jarang banyak usaha yang akan tumbang satu per satu, bahkan sebelum mendapatkan perhatian dari para calon konsumen.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari perang harga? Berikut ini adalah beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan. Cara cerdas yang pertama adalah dengan menawarkan sesuatu yang baru untuk menarik minat konsumen. Pada dasarnya, untuk menarik konsumen, tidak hanya harga yang murah saja yang bisa dijadikan patokan tetapi juga nilai jual yang tinggi. Misalnya Anda memberikan sentuhan berbeda pada produk atau jasa Anda. Yang bisa kita ambil contoh adalah produk pewangi cucian yang memang sudah ada banyak pesaing. Lalu kemudian Unilever mengeluarkan produk pewangi cucian sekali bilas, yang digunakan untuk mempermudah konsumen dalam mencuci dan membilas. Strategi ini terbukti sangat efektif karena terbukti banyak Ibu rumah tangga yang lebih memilih produk ini walaupun harganya lebih mahal.

Cara cerdas menghindari perang harga yang kedua adalah dengan melihat moment yang pas untuk banting harga. Sebenarnya strategi banting harga ini tidak dilarang, tetapi harus dipilih sesuai dengan moment istimewa. Misalnya dengan memberikan harga promo special pada beberapa hari menjelang Lebaran, dan lain sebagainya. Jika banyak pesaing yang membanting harga dengan waktu yang relative lama, maka Anda hanya perlu mengambil berapa jumlah hari saja dan di momen apa saja. Misalnya juga ketika tahun ajaran baru, Anda bisa memberikan harga diskon besar pada anak-anak yang masih sekolah. Strategi ini tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan tanpa harus menanggung kerugian yang besar karena harus membanting harga setiap hari.

Cara cerdas menghindari perang harga

Dengan melakukan strategi ini, Anda akan membuat penjualan Anda melonjak dengan keuntungan yang cukup tinggi walaupun tidak maksimal. Tetapi yang pasti adalah Anda tidak mengalami kerugian ketika melakukan penjualan ini. Jadi, mulai awal bulan, Anda harus mendata dan merencanakan di bulan apa saja Anda akan menurunkan harga dan berapa lama. Hal ini bisa dikombinasikan dengan memilih produk apa saja yang akan Anda banting harganya. Tentu saja pemilihan produk harus tepat dan sesuai dengan tema momen special yang Anda pilih.

Cara cerdas menghindari perang harga yang ketiga adalah dengan membidik segmen pasar yang spesifik. Selain memberikan inovasi baru, sebaiknya Anda harus mulai membidik sasaran pasar baru yang lebih spesifik. Misalnya Anda mempunyai usaha kafe yang awalnya membidik konsumen anak muda yang dinamis. Lalu berilah inovasi dengan memberikan diskon khusus dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa. Di sini berarti Anda telah mengerucutkan target konsumen dari anak muda menjadi anak muda yang masih kuliah.

Salah satu contoh produk yang menggunakan cara ketiga tersebut adalah produk Attack, dimana merek ini meluncurkan detergen Attack Batik Cleanser. Peluncuran detergen ini tentunya juga memanfaatkan momen kebangkitan batik Indonesia yang ditujukan untuk membidik para pengguna batik yang semakin menjamur di Indonesia.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS