July 24 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CFog - Humidity: 79%
Advertisement

Cara Cerdas Mengelola Karyawan

By admin - Wed Jul 25, 4:16 pm

 

Cara cerdas mengelola karyawan sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter karyawan yang bertanggung jawab dan loyal terhadap perusahaan. Cara cerdas mengelola karyawan ini harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha agar Anda tidak rugi. Karena sejatinya seorang karyawan memegang peranan penting di dalam sebuah usaha. Dan tanpa adanya loyalitas seorang karyawan, maka sebuah usaha tidak akan mampu bergerak agresif di dalam persaingan yang semakin pesat ini.

Cara cerdas mengelola karyawan

Tingkat produktivitas kerja karyawan juga harus dijadikan salah satu ujung tombak untuk kesuksesan usaha Anda. Factor produktivitas inilah yang harus Anda pikirkan dengan matang agar tidak merugi di kemudian hari. Di jaman sekarang, masih banyak pelaku usaha yang masih memandang karyawan dengan sebelah mata. Hal ini sebenarnya tidak boleh dilanjutkan karena sifat pemimpin yang seenaknya sendiri tidak akan meningkatkan loyalitas karyawan. Untuk itulah para pelaku usaha harus lebih berhati-hati dan lebih bijak dalam merekrut dan juga mengelola karyawan di bawah pimpinannya.

Cara cerdas mengelola karyawan memang bukan perkara mudah karena setiap karyawan mempunyai karakter dan kemampuan yang berbeda. Untuk itulah Anda harus mampu merangkul semuanya dan akhirnya membangun komitmen karyawan. Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan perincian, berikut ini adalah beberapa poin utama untuk meng-handle karyawan. Cara cerdas pertama adalah dengan waktu. Ya, untuk bisa menggandeng semua karyawan, Anda harus bersabar. Hal ini karena menuntun satu per satu karyawan yang mempunyai karakter dan kemampuan yang berbeda memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk memulai mengetahui karyawan Anda, Anda harus memberika teladan yang baik setiap hari dan juga mengamati kemajuan dan perkembangan mereka setiap hari.

Cara cerdas yang kedua adalah dengan melakukan pendekatan secara personal. Cara ini sangat ampuh untuk menciptakan kondisi lingkungan kerja yang menyenangkan dan nyaman. Untuk itulah Anda harus menjaga hubungan baik antara karyawan dengan Anda dan juga antar masing-masing karyawan. Anda tidak boleh membeda-bedakan karyawan yang satu dengan karyawan yang lain. Pendekatan ini juga bisa dilakukan untuk membuat mereka lebih loyal dan betah berlama-lama kerja di perusahaan Anda.

Cara cerdas mengelola karyawan yang ketiga adalah dengan membekali karyawan dengan pelatihan serta orientasi tentang perusahaan. Karena setiap karyawan sejatinya membutuhkan pelatihan untuk mengasah kemampuannya, maka Anda juga harus mampu memberikan hak ini kepada karyawan Anda. Toh hal ini juga tidak semata-mata untuk karyawan saja tetapi juga akan membawa manfaat bagi perusahaan Anda. Karena logikanya, jika Anda mempunyai karyawan yang kemampuannya meningkat, maka Anda akan mendapatkan produk atau jasa yang dihasilkan juga lebih berkualitas. Hasilnya, tujuan dan target perusahaan akan lebih mudah tercapai.

Cara cerdas yang keempat adalah dengan supervise untuk menjaga kualitas kerja karyawan. Ada beberapa jenis karyawan yang membutuhkan pengawasan secara langsung dari pemimpinnya untuk mendongkrak kinerjanya. Karena kondisi ini secara langsung dan tidak langsung akan berpengaruh pada kemajuan bisnis Anda, maka Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Anda harus mampu mmebuat karyawan Anda bergeliat dan bersemangat dalam membangun perusahaan. Untuk itulah, awasi setiap hari karyawan Anda agar tidak terjadi kesalahan, atau minimal meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan besar ini. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement