July 24 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CHaze - Humidity: 89%
Advertisement

Cara Cerdas Mendapatkan Pelanggan Pertama

By admin - Wed Aug 08, 4:14 pm

 

Mendapatkan pelanggan pertama pasti akan menjadi pengalaman yang paling mengesankan dan memuaskan bagi Anda yang baru memulai sebuah usaha. Mendapatkan pelanggan pertama seperti mendapatkan anak tangga pertama untuk bisa naik ke tingkat kesuksesan berikutnya. Tetapi untuk bisa mendapatkan satu pelanggan yang mengawali usaha Anda tentunya harus melewati beberapa kendala terlebih dahulu. Dan kendala-kendala ini lah yang nantinya beresiko akan menghambat jalannya usaha. Beberapa hambatan yang seringkali masih muncul adalah belum bisa menentukan harga jual yang ideal, persediaan stock barang yang masih terbatas dan lain sebagainya.

Mendapatkan pelanggan pertama

Untuk itulah untuk membantu para pebisnis pemula, kali ini kita akan menginformasikan tentang bagaimana cara untuk bisa mendapatkan pelanggan pertama. Cara yang pertama adalah dengan membidik konsumen potensial di sekitar Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk membidik orang-orang di sekitar Anda untuk menjadi calon konsumen dari produk atau jasa Anda. Caranya adalah dengan memperkenalkan produk unggulan yang Anda miliki kepada keluarga besar, rekan kerja, teman dekat, teman kampus dan membawa beberapa sample produk ke beberapa acara atau komunitas tertentu.

Mendapatkan pelanggan pertama juga bisa dilakukan dengan cara yang kedua, yaitu dengan membedakan konsumen berdasarkan karakternya. Setelah Anda mengetahui respon yang Anda dapatkan dari orang-orang di sekitar Anda, sekarang saatnya Anda memilih dan memilah mana yang termasuk potensial. Anda harus memperhatikan dan membagi kategori pelanggan sesuai dengan karakter masing-masing calon konsumen. Untuk pembagian ini Anda bisa memilih beberapa kategori, diantaranya dengan membagi calon konsumen berdasarkan:

·         Jenis kelamin (laki-laki atau perempuan).

·         Usia (anak-anak, remaja atau orang tua).

·         Profesi yang digeluti.

·         Dan lain sebagainya.

Dengan membagi-bagikan karakter masing-masing konsumen, maka Anda akan lebih mudah melakukan perencanaan strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisa mendapatkan perhatian dari para calon konsumen yang Anda bidik.

Cara yang ketiga adalah dengan menjalin silaturrahmi untuk memperluas peluang pasar. Karena sebagai seorang pelau usaha harus mampu membangun networking agar bisa menjadi salah satu kewajiban yang tidak boleh dikesampingkan. Untuk mempererat hubungan silaturrahmi dengan konsumen, Anda bisa mengadakan pertemuan rutin. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan, membuat mereka lebih loyal terhadap produk atau jasa Anda dan juga memperkenalkan produk-produk baru yang Anda miliki kepada para pelanggan. Hal ini sangat penting karena akan menjadi satu pintu awal untuk bisa mengambil kepercayaan pelanggan.

Mendapatkan pelanggan pertama juga bisa dilakukan dengan cara yang keempat, yaitu dengan menjaring konsumen baru dari para pelanggan setia Anda. Ketika Anda sudah mempunyai cukup banyak pelanggan, maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang besar. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa para pelanggan setia Anda tersebut akan merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada kenalannya. Hal ini tentu saja akan menambahkan jumlah konsumen Anda.

Misalnya mereka merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada teman, saudara atau teman dengan strategy pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut). Jadi, jangan ragu untuk menawarkan bonus menarik untuk pelanggan setia Anda yang mampu memberikan peranan penting untuk perkembangan bisnis Anda. Misalnya dengan mengajak lima konsumen baru, pelanggan tetap Anda akan memperoleh merchandise atau diskon tertentu. Hal ini juga akan menjadi pemicu semangat bagi para pelanggan untuk melancarkan strategi word of mouth. Setelah Anda mengerti betul tentang teorinya, sekarang saatnya Anda mempraktikkannya secara langsung di pasaran. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement