November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cara Cerdas Memilih Jenis Usaha yang Tepat

By admin - Tue Aug 14, 10:39 am

 

Memilih jenis usaha tentunya harus sesuai dengan kemampuan dan hobi. Memilih jenis usaha bahkan terkadang membuat para calon pelaku usaha menjadi semakin bingung. Untuk memberikan informasi yang sesuai dan akan memberikan gambaran pada Anda tentang jenis usaha manakah yang cocok, berikut ada beberapa kategori yang bisa Anda pilih.

Memilih jenis usaha

Kategori pertama adalah creator atau memproduksi barang. Yang dimaksud menjadi seorang creator adalah memanfaatkan skill, pengetahuan dan juga passion yang Anda miliki untuk kemudian digunakan untuk menciptakan sebuat produk potensial. Setelah itu, produk potensial yang Anda ciptakan bisa dipasarkan atau memang dibutuhkan oleh pasar. Misalnya jika Anda mempunyai passion dan skill di bidang kerajinan, maka Anda bisa memproduksi aneka macam kerajinan. Untuk Anda yang menyukai kuliner dan mempunyai skill dan hobi memasak, Anda bisa membuka warung makan atau restoran. Kemudian jika Anda mempunyai hobi menjahit, Anda bisa memproduksi jilbab, mukena, dan lain sebagainya.

Memilih jenis usaha dengan kategori yang kedua yaitu customer service atau pelayanann jasa bagi konsumen. Model usaha ini bisa dilakukan untuk konsumen individual maupun kelompok. Misalnya adalah usaha jasa catering, jasa laundry, jas aojek, bengkel motor atau mobil, jasa bimbingan belajar, jasa potong rambut, dan lain sebagainya. Jadi, jenis usaha ini tergantung pada skill apa yang Anda miliki dan biasanya modal utama yang digunakan adalah skill Anda tersebut. Misalnya membuka bimbingan belajar, Anda harus mampu benar-benar menguasai mata pelajaran yang Anda tawarkan.

Kategori yang ketiga adalah product sales atau penjualan produk. Kategori usaha yang ketiga ini berperan sebagai pemasar atau distributor barang-barang yang dibutuhkan oleh para konsumen. Kategori usaha ini banyak sekali dicari oleh para konsumen karena resiko dan modalnya tidak terlalu besar serta keuntungan yang diperoleh cukup menjanjikan. Jika Anda tertarik dengan kategori ini, Anda bisa memulai usaha reseller produk-produk branded, usaha retail, agen pemasaran suatu produk, dan lain sebagainya. Jika Anda menekuni usaha ini, maka hasilnya juga akan lebih maksimal.

Memilih jenis usaha juga bisa dilakukan dengan memilih kategori usaha yang keempat, yaitu business service atau memenuhi kebutuhan pelaku bisnis. Selain Anda membidik para end user atau konsumen akhir, Anda juga bisa memberikan penawaran dan pelayanan bagi para pelaku usaha yang lain. Misalnya Anda membuka usaha sablon plastic untuk kemasan produk, trainer bisnis bagi pemula atau para pelaku usaha, menjadi konsultan marketing bagi para perusahaan besar, jasa pembuatan gerobak usaha, jasa pengiriman barang, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan skill dan pengetahuan Anda untuk memulai usaha ini. Walaupun terkesan sederhana, tetapi jika Anda benar-benar menekuni usaha ini dan menarik banyak sekali konsumen, maka kesuksesan akan Anda dapatkan dengan mudah. Karena sekali para konsumen tersebut percaya dan cocok dengan usaha dan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka mereka tidak akan berpaling.

Setelah Anda membaca dan meneliti mana kategori usaha yang paling cocok untuk Anda, sebaiknya Anda mulai membuat list tentang apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai usaha dan target market yang Anda bidik. Jangan sampai Anda lengah sehingga membuat Anda kehilangan kesempatan yang Anda tunggu-tungu. Pastikan Anda juga berkonsultasi pada saudara, pasangan atau orang-orang terdekat tentang kategori mana yang paling pas dan mewakili Anda. Selamat mencoba!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS