December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Cantiknya Usaha Budidaya Bunga Mawar

By admin1 - Wed Apr 30, 4:23 pm

Usaha budidaya bunga sudah menjadi usaha yang seolah wajib dimiliki oleh masyarakat di kota yang berudara dingin. Usaha budidaya bunga ini tidak pernah sepi pembeli. Selalu banyak wisatawan dari dataran rendah yang berkunjung kemudian berbondong-bondong membeli bunga di daerah yang lebih tinggi. Inilah yang membuat bisnis ini sangat digemari masyarakat di dataran tinggi karena keuntungannya sangat menggiurkan. Salah satu bunga yang sering dicari adalah bunga mawar.

Usaha budidaya bungaBunga mawar mempunyai warna dan jenis yang berbeda sehingga menarik minat pembeli. Selain itu, bunga mawar juga bisa hidup dan berbunga di wilayah dataran rendah yang lebih panas. Nah kenapa harus masyarakat yang ada di dataran rendah yang berpotensi membuka pembudidayaan bunga mawar? Karena idealnya bunga mawar memang ada diantara 680 – 1.200 meter dari permukaan laut. Suhu udara yang ideal juga sekitar 15°-19° celcius. Salah satu contoh desa pembubidayaan mawar yang sukses adalah desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Desa ini sudah menjadi kawasan wisata yang digemari wisatawan yang berkunjung di daerah Batu dan sekitarnya.

Usaha budidaya bunga yang ada di desa Gunungsari ini memang sudah tersebar. Bahkan hampir setiap penduduknya merupakan petani bunga mawar. Di luar sana masih banyak sekali permintaan bunga mawar dalam jumlah besar. Inilah yang menyebabkan petani mawar di daerah ini semakin menjamur. Selain karena peluang usaha yang terbuka sangat lebar, usaha ini biasanya dilakukan secara turun-temurun di daerah ini. Jadi mereka sudah sangat dekat dengan bisnis ini dari jaman nenek moyang mereka.

Biasanya untuk menetapkan harga bunga mawar disesuaikan dengan musimnya. Jika memang sedang musim panen dan hasilnya melimpah serta bunganya istimewa (tidak rusak), bunga mawar biasanya dijual dengan harga Rp 2.500 – Rp 3.000 per batang. Jika musim panen datang, para petani di daerah ini biasanya berhasil memanen sekitar 4.000 – 5.000 batang bunga mawar. Sangat menggiurkan bukan omzet yang bisa didapatkan sekali panen? Bahkan keuntungan yang bisa didapatkan dari hasil panen tersebut mencapai 50% dari omzet penjualan. Sangat mengagumkan!

Jika Anda berniat untuk membudidayakan bunga mawar, sebaiknya Anda juga mengenal jenis-jenis mawar apa saja yang paling laku di pasaran. Jenis bunga mawar yang paling banyak diminati antara lain bunga mawar merah muda, merah, jingga, putih dan kuning. Jika Anda pintar dalam melakukan pemasaran, maka bunga mawar yang Anda budidayakan akan mampu mencapai pasar yang lebih luas, tidak hanya di lingkup daerah Anda saja.

Usaha budidaya bunga juga bisa sekaligus dijadikan sebagai obyek wisata. Anda bisa menawarkan paket wisata untuk memetik bunga mawar secara langsung dari pohonnya. Cara ini akan semakin meningkatkan jumlah konsumen yang datang dan membeli bunga mawar hasil budidaya Anda. ketika semuanya berjalan seperti yang sudah direncanakan, kemudian Anda bisa membuat usaha lain sebagai pendukung, misalnya toko suvenir tentang bunga mawar, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513