August 21 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CHaze - Humidity: 59%
Advertisement

Butuh Bisnis Mudah dan Menguntungkan? Penitipan Sepeda Motor Solusinya!

By admin - Mon Oct 22, 4:58 pm

Bisnis penitipan sepeda motor merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menggiurkan, entah disadari atau tidak. Bisnis penitipan sepeda motor di kota-kota besar sudah semakin emnggeliat dan terus bertambah setiap harinya. Menilik kondisi lalu lintas yang semakin padat dan bisa dibilang lebih banyak kendaraannya daripada jalannya. Nah, hal seperti ini bsia menjadi kendala dan masalah bagi pengguna jalan dan juga Dinas terkait yang bertanggung jawab atas pengendalian jumlah kendaraan. Jadi, keuntungan dari bisnis ini adalah bis aikut membantu Dinas terkait untuk menyeimbangkan jumlah kendaraan dengan luas jalan yang digunakan.

Bisnis penitipan sepeda motorPeluang usaha ini memang terkadang terlihat sepele dan tidak menguntungkan. Tetapi pada kenyataannya, yang berlaku adalah sebaliknya. Bisnis ini sangat menjanjikan walaupun usaha yang dibutuhkan tidaklah sulit. Bisnis ini akan lebih mudah lagi jika Anda mempunyai lahan yang cukup di sekitar tempat-tempat keramaian, misalnya stasiun, pasar, terminal, pusat-pusat perbelanjaan dan tempat-tempat keramaian yang lain. Anda bisa mengolah lahan Anda tersebut dengan menyulapnya menjadi lahan usaha sebagai penitipan sepeda motor.

Bisnis penitipan sepeda motor sangat efektif untuk bisnis di sekitar tempat keramaian. Taruh saja daerah dekat pasar. Bayangkan setiap harinya ada berapa orang yang datang dan berapa banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari bisnis ini. Karena setiap orang yang datang di tempat keramaian tersebut hamper semuanya membawa kendaraan bermotor, terutama sepeda dan juga sepeda motor. Nah, dengan banyaknya kendaraan bermotor yang dibawa oleh para pengunjung sebuah tempat keramaian, maka Anda juga harus memikirkan berapa banyak lahan yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini. Kira-kira dengan luas tempat keramaian yang sekian berapa persen Anda bisa menyediakan lahan untuk parker. Jangan hanya karena ingin mengambil keuntungan yang banyak lantas Anda tidak mengindahkan ketertiban di jalan, misalnya dengan memaksakan tetap parker sampe ke badan jalan. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena justru akan memperparah kemacetan di jalan sekitar lahan parkir.

Jika Anda sekarang sudah mulai tertarik dengan usaha jenis ini, maka sebaiknya Anda mulai memperhitungkan detail usaha. Misalnya dimana Anda akan membuka lahan parkir ini dan berapa banyak orang yang mengunjungi tempat ramai yang Anda bidik. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah bisa mempertimbangkan dan menghitung berapa banyaknya keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bisnis ini. Misalnya jika dalam satu hari Anda menarik ongkos parkir sebanyak per motor Rp 1.000 dan rata-rata sepeda motor yang menitipkan motornya ada 300 kendaraan/ hari, maka penghasilan kotor Anda adalah Rp 300.000 atau lebih. Belum lagi jika ada sepeda motor yang menginap di lahan Anda. Biaya inap sepeda motor bisa Anda tentukan sebesar Rp 2.000/ sepeda motor. Nah, selain murni usaha penitipan ini, Anda juga bisa membuka usaha lain di tempat tersebut, seperti membuka kios bensin atau oli. Hal ini akan menambah pundi-pundi penghasilan Anda per harinya.

Bisnis penitipan sepeda motor ini cukup mudah karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, dengan menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu mengeluarkan pengeluaran ekstra secara khusus. Hal ini dikarenakan jenis usaha ini bahkan nyaris tidak membutuhkan bahan baku untuk memulainya. Karena yang dibutuhkan oleh usaha ini adalah surat ijin usaha dari Dinas Pasar dan Dishub setempat. Selain itu, usaha Anda juga harus menjamin keamanan penitip dengan system kartu bernomor untuk menjalankan usaha ini.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement