November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Buatlah Pekerjaan Menjadi Ladang Kebahagiaan

By admin - Fri Jan 06, 3:05 pm

  • Comments Off on Buatlah Pekerjaan Menjadi Ladang Kebahagiaan
  • 540 views
  • Email
  • Print

 

Pekerjaan menjadi ladang kebahagiaan merupakan impian bagi sebagian besar masyarakat walaupun sebagian mereka menganggap bahwa hal tersebut adalah dua hal yang sangat bertentangan. Pekerjaan menjadi ladang kebahagiaan ternyata bisa diseimbangkan dan disejajarkan dengan beberapa trik sehingga Anda akan merasa bahagia melalui aktivitas Anda sehari-hari di kantor.

Selama ini, masyarakat selalu menganggap bahwa segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan pasti akan sangat melelahkan dan stressful, tetapi Anda bisa tetap bahagia jika Anda menerapkan beberapa trik berikut ini. Trik pertama adalah menjauh sejenak dari rutinitas. Karena waktu luang dapat mengurangi stres berkaitan dengan pekerjaan, mengurangi risiko depresi, dan meningkatkan harga diri. Aturan pertama, jangan pernah menganggap sepele hari libur, bahkan jika Anda tidak punya uang. Kedua, bagi waktu libur Anda dalam beberapa perjalanan pendek daripada menghabiskannya dalam satu kali perjalanan.

Pekerjaan menjadi ladang kebahagiaan dapat direalisasikan dengan trik kedua, yaitu jangan lewatkan happy hour. Selama bekerja, pastikan Anda masih tetap bersosialisasi dengan rekan kerja. Karena orang paling bahagia adalah orang yang mampu memanfaatkan di sela waktu kerjanya yang sekira tujuh jam sehari untuk bersosialisasi dengan rekannya. Di tempat kerja, happy hour bisa berarti keluar kantor untuk makan siang, mengobrol, atau bahkan percakapan lewat Yahoo Messenger (YM).

Trik ketiga adalah mempersingkat perjalanan Anda. Pilihan hidup menjadi seorang komuter sangat wajar ditemui dan menjadi aktivitas rutin banyak pekerja. Komuter adalah seseorang yang bepergian ke suatu kota untuk bekerja dan kembali ke kota tempat tinggalnya setiap hari, biasanya dari tempat tinggal yang cukup jauh dari tempat bekerjanya. Jadi bila memungkinkan, carilah cara untuk mempersingkat waktu menuju kantor. Terdapat statistik negatif tentang komuter yang berlaku terutama untuk pengendara mobil yang kerap terjebak kemacetan dan menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Pekerjaan menjadi ladang kebahagiaan juga bisa didapatkan dengan menjalankan trik keempat, yaitu bergabung dalam klub. Bergabung dalam sebuah grup walaupun pertemuannya hanya sekali sebulan ternyata bisa menghasilkan kebahagiaan tersendiri. Trik kelima yaitu membantu lingkungan social. Sadarkah Anda bahwa membantu lingkungan social ternyata memberikan kebahagiaan bagi Anda? Mungkin Anda bisa memulai dengan hal yang paling dekat dan simple, yaitu di tempat kerja. Anda bisa memberikan bantuan kepada rekan kerja yang sedang kesulitan, dan lain sebagainya. Karena ternyata membantu orang lain mencapai tujuan mereka akan menekankan kekuatan Anda dan mengurangi fokus Anda pada masalah diri sendiri. Trik kelima adalah berpikir dua kali sebelum mengajukan promosi jabatan. Kedengarannya berlawanan dengan instuisi, tetapi ketika bersentuhan dengan kebahagiaan jangka panjang, peningkatan penghasilan tak selamanya mampu memenuhi kebutuhan. Lebih tinggi penghasilan, semakin tinggi kebutuhan. Kenaikan upah harus Anda bayar dengan penambahan waktu kerja, Anda tak bisa membeli kebahagiaan dengan uang.

Seringkali Anda mendengar rekan kerja Anda terus-menerus mengeluh tentang berbagai hal tentang pekerjaan, misalnya beban kerja, atasan, politik, bahkan sampai masalah pribadinya. Berhati-hatilah karena Anda bisa tertular stress tersebut jika tidak membentengi diri Anda dengan trik-trik tersebut di atas. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kecemasan dan stress dapat menyebar di tempat kerja sama seperti penyebaran virus flu. Proses penularan ini berasal dari percakapan dan gerak tubuh. Karena secara otomatis, sang pendengar juga akan terus-menerus meniru dan mensinkronasi gerakan mereka dengan ekspresi wajah, postur, suara, gerakan dan perilaku. Bawalah aura positif di tempat kerja Anda untuk menghindari unsur stress dari rekan-rekan kerja.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Buatlah Pekerjaan Menjadi Ladang Kebahagiaan