December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Botol Bekas jadi Karya Imajinatif nan Menguntungkan

By admin - Tue Sep 10, 4:13 pm

Botol bekas yang sepertinya tidak berguna ternyata bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menambah pendapatan. Botol bekas yang dimanfaatkan menjadi barang baru juga bisa menyelamatkan lingkungan. Karena dengan pemanfaatan kembali ini akan mengurangi limbah botol yang ada di lingkungan sekitar. Seseorang yang mempunyai keinginan untuk berwirausaha sebaiknya juga mampu mengurai masalah yang ada di lingkungan sekitar. Jika permasalahan sampah akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang hangat, maka Anda sebagai pelaku usaha juga harus mampu melihatnya sebagai peluang usaha.

Botol bekasJika Anda melihat di sekitar Anda, pastinya banyak botol bekas yang bisa Anda manfaatkan dan menghasilkan uang. Daripada diberikan ke pemulung, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kerajinan yang bisa disulap menjadi barang layak jual. Beberapa barang baru dari botol bekas yang bisa Anda manfaatkan dan jual antara lain boneka, lampion, lampu tidur, dompet, celengan dan lain sebagainya. Jika modal Anda sedikit dan Anda ingin mencoba pasar, Anda bisa memulainya dengan menjual di media online. Tetapi pastikan produk Anda unik dan mempunyainilai seni agar bisa menyentuh rasa penasaran dan keinginan untuk membeli.

Botol bekas khususnya yang berasal dari plastik bisa dibentuk dengan cantik dan diberi hiasan agar menambah nilai jualnya. Untuk lebih memanjakan konsumen, Anda juga bisa memberlakukan sistem order. Artinya, jika ada konsumen yang ingin membeli dengan desain mereka sendiri, maka Anda bisa membuatkannya. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk usaha Anda.

Pada usaha kecil dan menengah, yang biasanya menjadi kendala adalah modal materiil. Modal materiil ini bisa membuat seorang pelaku usaha belum bisa mengembangkan usahanya. Tetapi yang perlu diingat adalah ada modal non-materiil yang juga harus Anda perhatikan. Anda harus mengingat bahwa modal non-materiil bisa mendongkrak usaha Anda yang hanya mempunyai modal materiil kecil.

Botol bekas dan usahanya ini bisa Anda rintis bersama rekan-rekan atau saudara jika Anda memang belum mempunyai dana yang cukup untuk merintis usaha ini. karena dengan ditangani bersama, sebuah usaha akan semakin mudah dijalankan. Tetapi pastikan Anda juga memilih rekan yang bisa dipercaya dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk membuka sebuah usaha. Jangan hanya memilih rekan bisnis yang mempunyai modal materiil saja. Semoga berhasil.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS