November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Blue Ocean Strategy untuk Berhasil Memecah Persaingan

By admin - Thu Jun 28, 5:16 pm

 

Blue ocean strategy dalam strategi marketing digunakan untuk mengatasi persaingan. Blue ocean strategy memastikan Anda untuk menjadi lebih inovatif dan kreatif. Hal ini sangat penting untuk bisa menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Di dalam pasar yang sudah sangat beragam, Anda tidak bisa hanya mengandalkan strategi marketing yang standar. Anda harus berani keluar dari zona aman Anda untuk mampu berkembang dan mampu menjadi pemenang di ajang kompetisi pemasaran.

blue ocean strategy

Dengan semakin beragamnya produk yang ada di pasaran dan semakin mengecilnya celah untuk bisa bersaing dengan selamat, maka Anda harus mampu membidik ceruk pasar yang belum tergarap oleh pesaing. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan blue ocean strategy. Lalu apa pengertian dan kelebihan blue ocean strategy ini? Blue ocean strategy adalah sebuah strategi bisnis yang pertama diciptakan oleh Renee Mauborgne dan W. Chan Kim. Di dalam teorinya, mereka memaksa para produsen untuk mampu menaklukkan ketatnya persaingan dengan menciptakan pangsa pasar baru yang belum pernah disentuh atau dilirik oleh para pesaing. Untuk itulah Anda harus menghindari ceruk pasar yang sudah dipenuhi oleh para competitor Anda.

Blue ocean strategy mempunyai beberapa tips pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengatasi persaingan. Tips pertama adalah dengan focus pada ceruk pasar yang diminati. Kreatifitas Anda sangat diuji di sini. Anda harus bisa menciptakan ceruk tersendiri yang diminati oleh konsumen tetapi masih belum dilirik oleh para competitor Anda. Misalnya Anda mengankat passion atau hobi Anda menjadi ceruk bisnis yang baru. Tentu saja Anda juga harus memilih hobi yang potensial. Misalnya Anda hobi tentang semua hal yang berbau bis atau Anda termasuk kelompok bismania yang mulai marak akhir-akhir ini. Anda bisa membangun kafe yang berbentuk bis dengan arsitektur bis dan pernak-pernik tentang bis dan segala macam tentang bis. Ciptakan kafe yang nyaman dan unik yang cocok untuk anak muda (baik harga maupun tempatnya). Untuk promosi awal, Anda bisa mengundang kelompok Anda di komunitas bismania untuk gathering di kafe Anda. Jika mereka suka dan nyaman dengan kafe Anda, maka mereka juga akan ikut dengan senang hari mempromosikan kafe Anda. Begitupun dengan konsumen yang lain. Jika mereka suka dnegan kafe Anda, mereka bisa mengajak teman-temannya untuk berkumpul atau sekedar nongkrong-nongkrong di kafe Anda.

Strategi kedua adalah dengan menciptakan sebuah pembeda. Pada prinsipnya, blue ocean strategy memang diciptakan agar bisa bersaing dengan tampil beda dari para pesaing yang sudah ada. Produk yang Anda tawarkan haruslah mempunyai keunikan tersendiri dan juga mampu menawarkan nilai tambah yang belum ada. Misalnya adalah menciptakan inovasi mie dari labu sebagai bahan baku. Mie dari bahan labu ini dipopulerkan oleh seorang alumnus IPB Fakultas Teknologi Hasil Pertanian.

Blue ocean strategy juga bisa dilakukan dengan tips ketiga, yaitu mempunyai slogan yang unik dan juga berkesan di hati para pelanggan. Slogan bukan hanya untuk membuat tag line di dalam iklan, tetapi juga mempunyai tujuan jangka panjang yang akan mengena di hati masyarakat sehingga akan terus ada di hati masyarakat. Anda harus emmbuat slogan yang akan tertanam kuat di hati dan pikiran masyarakat atau konsumen. Slogan mampu memperkuat posisi produk Anda di mata konsumen. Walaupun produk Anda sudah banyak dikenal oleh masyarakat tetapi tidak ada salahnya Anda tetap menciptakan slogan yang mampu memikat hati para konsumen Anda.

Misalnya adalah McDonald. Produk fastfood ini mempunyai slogan yang sangat mengena dan ketika ada orang yang mendengar slogan tersebut, maka akan langsung teringat produk McDonald.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS