November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Blogging Sebagai Peluang Bisnis Sampingan

By admin - Mon May 07, 4:49 pm

Peluang bisnis sampingan dengan memanfaatkan jaringan internet sangat popular sekarang. Peluang bisnis sampingan yang bisa dilakukan dengan santai tetapi konsisten untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah dengan mengelola blog atau yang lebih popular dengan istilah blogging. Dalam melaksanakan usaha ini, juga diperlukan penerapan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) agar kita tetap dapat mempertahankan pelanggan dan dapat terus mengembangkan bisnis. Dalam pelaksanaan MMT ada 3 hal pokok yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

Peluang bisnis sampingan

Hal pokok pertama adalah focus pada pelanggan. Mutu berdasarkan pada konsep bahwa setiap orang mempunyai pelanggan dan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan harus dipenuhi setiap saat jika organisasi/perusahaan secara keseluruhan bermaksud memenuhi kebutuhan pelanggan eksternal (pembeli). Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka kita perlu mengetahui apa yang pelanggan inginkan. Untuk mengetahui hal tersebut, kita dapat membaca beberapa artikel yang berkenaan dengan keinginan para pemilik website yang membutuhkan jasa optimasi. Selain itu kita juga bisa berdiskusi antar sesama pebisnis optimasi website di forum-forum yang bertema bisnis online. Agar, informasi yang didapat lebih objektif, kita bisa melakukan semacam tanya jawab kepada para pelanggan, tentang apa yang mereka inginkan sebelum menjual jasa optimasi kepada mereka. Semua informasi yang didapat digunakan sebagai bahan pertimbangan saat akan melakukan aktifitas bisnis.

Peluang bisnis sampingan dengan blogging juga harus memperhatikan hal pokok kedua, yaitu perbaikan terus menerus. Perbaikan terus-menerus merupakan suatu kegiatan untuk mengurangi kesalahan pada saat proses kerja agar hasilnya dapat diterima sesuai dengan keinginan pelanggan. Bisnis optimasi website merupakan bisnis yang bersifat jasa. Adapun Proses kerja bisnis optimasi website ini adalah:

  1. Merespon permintaan pelanggan atas kebutuhan mereka terhadap jasa ini. Biasanya pelanggan akan mengirim e-mail untuk membeli jasa kita. Dalam hal ini Ketepatan waktu adalah hal yang paling utama. Jika kita terlambat sedikit saja, kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan bisa terjadi. Untuk itu, biasanya para pelaku bisnis akan memfasilitasi diri mereka dengan gadget yang memiliki layanan Push Mail. Sehingga mereka dapat menerima email dimana saja dan kapan saja.
  2. Melaksanakan apa yang diinginkan pelanggan. Apabila pelanggan hanya ingin membeli link, maka kita cukup menautkan link website milik para pelanggan di Blogroll website kita. Tapi jika mereka menginginkan Post Review maka kita harus membuat Review terlebih dahulu tentang website mereka sesuai dengan spesifikasi yang mereka inginkan.
  3. Keterlibatan semua pihak. Salah satu yang juga musti diperhatikan adalah kualitas dari website kita sendiri. Karena sebenarnya pelanggan enggan mencari jasa lain. Hal ini disebabkan banyaknya para Scamer yang dapat membohongi para konsumen jasa optimasi website dan mengakibatkan banyak kerugian. Jika website kita tidak dijaga kualitasnya, hal ini dapat mengakibatkan Pagerank turun. Sehingga mengurangi nilai guna dari website tersebut dan mengakibatkan kekecewaan pada pelanggan. Seorang pebisnis yang bermain di Jasa Optimsi website, biasanya memiliki karyawan untuk membantunya dalam menjalankan banyak website. Setiap karyawan memiliki tugas masing-masing.

Peluang bisnis sampingan dengan blogging tersebut meliputi beberapa tugas yang bisa Anda selesaikan sendiri atau mencari partner kerja. Tugas pertama adalah unique article writer. Tugas dari penulis artikel adalah membuat postingan yang berhubungan dengan tema website. Adapun dalam penulisan artikel harus memenuhi syarat-syarat SEO sehingga kualitas dari sebuah artikel dapat menjaga kualitas website. Tugas kedua adalah Back link seeker. Meskipun bisnis ini merupakan bisnis yang menyediakan jasa back link, namun untuk mempertahankan kemampuan suatu website untuk dapat terus bertahan juga diperlukan adanya back link bagi website kita. back link dapat dicari dengan cara:

  1. Komentar di website-website.
  2. Gabung di forum-forum.
  3. Melakukan share artikel di beberapa social bookmarking.
  4. Menautkan alamat website di profil jejaring social. Hal ini harus dilakukan secara serius dan berkelanjutan, karena menjual link akan menyebabkan banyaknya link out terhadap website kita.

Tugas berikutnya adalah review writer. Penulis review adalah orang yang mengerjakan job post review. Dari semua pekerjaan, pekerjaan menulis review ini lah yang paling memiliki pengaruh terhadap kinerja suatu bisnis Jasa Optimasi Website. Untuk itu kenerja penulis review sangat berpengaruh terhadap kualitas jasa optimasi website ini.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS