November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis untuk Mahasiswa? Aksesoris Perempuan Jawabnya!

By admin - Mon Nov 12, 4:42 pm

Bisnis untuk mahasiswa seringkali tidak mudah untuk dicari. Bisnis untuk mahasiswa membutuhkan kreativitas yang lumayan tinggi. Karena uang, waktu dan tenaga yang tercurah untuk membuka bisnis terbatas, maka seorang mahasiswa yang ingin mulai mencba peruntungan di bidang usaha harus bisa bersikap lebih kritis dan inovatif. Sebenarnya seorang mahasiswa sudah mempunyai modal utama untuk memulai sebuah usaha, yaitu karakteristik yang selalu unik dan fresh. Kreativitas inilah yang nantinya bisa mengembangkan bakat dan minat seseorang dalam dunia usaha.

Bisnis untuk mahasiswaSalah satu jenis usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah aksesoris wanita. Akan menjadi suatu kelebihan jika Anda bisa membuat aksesoris sendiri dengan mencari model-model aksesoris yang ada di majalah atau internet. Mungkin awalnya Anda akan merasa ribet untuk membeli bahan dan perlengkapan menjahit dan menempel, tetapi jika sudah terbiasa, kebiasaan ini akan terasa sangat mudah. Karena membuat aksesoris memang tidak membutuhkan kemampuan khusus, tetapi tidak semua orang mau melakukan hal yang dianggap remeh seperti membuak aksesoris sendiri.

Bisnis untuk mahasiswa dengan membuat dan menjual aksesoris ini bisa Anda kreasikan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Anda bisa memasarkannya di beberapa pasar atau secara langsung kepada teman-teman kuliah Anda. Beberapa aksesoris yang bisa anda jual adalah kalung, gelang, bros dan anting. Anda juga bisa membuat produk yang Anda jual lebih eksklusif. Artinya, Anda bisa membuat pesanan aksesoris sesuai permintaan konsumen. Dengan begitu, mereka akan merasa seperti membeli barang dari butik yang eksklusif dan tidak semua orang memakai barang yang sama.

Dengan begitu, Anda akan merasakan hasil dari kreativitas anda. Ketika Anda menjualnya ke beberapa pasar tradisional atau pasar kaget, maka produk Anda akan lebih dikenal masyarakat lagi. Sampai akhirnya ketika Anda sudah berhasil mengembangkan usaha Anda, Anda bisa menyewa ruko untuk memperluas sayap usaha Anda. Ketika anda masih berkutat dengan menjual produk Anda dari mulut ke mulut, sebaiknya Anda juga mulai memasarkannya melalui internet, yaitu jejaring social. Mahasiswa pastinya sangat akrab dengan media online dan mempunyai persentase online lebih banyak daripada masyarakat kebanyakan. Dengan begitu, Anda harus bisa memanfaatkan hal ini. Anda harus bisa menjaring konsumen sebanyak-sebanyaknya dari satu komunitas ke komunitas yang lain. Karena mahasiswa akan lebih loyal pada produk yang bisa menguntungkan dan memberi nilai lebih.

Bisnis untuk mahasiswa ini bisa anda mulai dari kos-kosan. Anda bisa menjadikan kosan Anda sebagai “markas” untuk menjual produk Anda jika Anda belum mempunyai modal cukup untuk membuka ruko. Dengan begitu, calon konsumen tetap mempunyai tempat yang harus dituju jika ingin membeli aksesoris buatan Anda.

Konsumen produk aksesoris wanita ini memang sudah bisa ditebak, yaitu kebanyakan adalah para wanita baik itu pelajar, mahasiswi sampai para ibu. Maka tidak heran jika toko aksesoris wanita selalu dipenuhi oleh banyak sekali konsumen. Anda bisa memanfaatkan komunitas-komunitas yang Anda ikuti atau yang ada di kampus anda dan kampus-kampus yang lain. Misalnya di setiap fakultas pastinya mempunyai fanpage sendiri dan di sinilah Anda harus bisa mengembangkan sayap usaha. Anda bisa menginformasikan tentang produk-produk Anda di beberapa fanpage ini. Untuk pemberian alamat, Anda bisa memanfaatkan alamat kos Anda. Dengan begitu, akan lebih banyak calon konsumen yang akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS