December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis Rumahan Bisa Dimulai dengan Memproduksi Deterjen

By - Tue Nov 04, 4:52 pm

Bisnis rumahan akan menjadi lebih efektif jika berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga. Bisnis rumahan yang bisa Anda gali adalah sabun cuci atau deterjen. Sabun cuci atau deterjen ini merupakan hal yang tidak akan terlewatkan oleh setiap rumah tangga. Berdasarkan sejarah sabun cuci Indonesia, awalnya masyarakat Indonesia menggunakan sabun cuci batangan kemudian beralih menjadi sabun cuci colek. Kemudian pada pertengahan tahun 1980-an di Indonesia sudah mulai diperkenalkan dengan sabun cuci berbentuk bubuk atau deterjen dari Unilever dan diberi merk Rinso.

Bisnis rumahanDari sinilah masyarakat Indonesia mulai berbondong- bondong beralih ke sabun cuci bubuk ini karena lebih praktis. Masyarakat bisa merendam dan mencuci dalam satu produk sekaligus. Sete;ah merk Rinso berkembang pesat di Indonesia, kemudian disusul oleh beberapa produk lain, seperti Attack, So Klin, Daia, dan lain sebagainya. Tetapi tahukah Anda bahwa industri rumahan juga bisa memproduksi deterjen sendiri dan dipasarkan ke seluruh Indonesia?

Bisnis rumahan di bidang deterjen ini biasanya mempunyai pangsa pasar tertentu, seperti hotel, laundry, Ibu- Ibu PKK dan komunitas tertentu. Karena dengan memproduksi deterjen skala rumahan memang bisa melayani berbagai macam keinginan dan kebutuhan konsumen tetapi dengan kualitas yang tidak kalah dengan merk terkenal yang sudah terlebih dahulu merajai pasar di Indonesia. Bedanya lagi, deterjen rumahan ini menawarkan harga yang lebih murah. Jika Anda jeli melihat peluang, maka Anda bisa mendapatkan order beberapa ton deterjen untuk konsumen, misalnya hotel. Hal ini tentunya sangat menguntungkan.

Untuk produksi, deterjen rumahan ini juga tidak membutuhkan alat yang banyak dan rumit seperti pada perusahaan/ pabrik besar. Alat produksi dengan ukuran besar hanya berupa mixer yang bisa menangani bahan sampai 50 kg. Alat ini biasanya dioperasikan secara batch dan bisa menghasilkan deterjen bubuk 2 ton dalam sehari. Tetapi untuk mengembangkan bisnis ini, Anda harus bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dengan produk yang sudah ada. Misalnya Anda menawarkan deterjen yang ramah lingkungan, tidak panas di tangan, anti karat (untuk deterjen mesin cuci), dan desain kemasan bisa mengikuti permintaan konsumen (walaupun tetap dikenakan biaya desain dan cetak), dan lain sebagainya.

Bisnis rumahan yang satu ini harus dipromosikan secara besar- besaran. Artinya, Anda tidak seharusnya hanya mematok target konsumen individual tetapi juga perusahaan- perusahaan tertentu. Misalnya Anda juga bekerja sama dengan distributor di beberapa wilayah yang akan mencari konsumen di sekitarnya, kemudian dia meneruskan kepada perusahaan Anda jika ada konsumen yang minta dibuatkan deterjen. Jadi Anda bisa memproduksi deterjen sejumlah yang diinginkan oleh konsumen. Jadi hal ini bisa meminimalisir resiko kerugian dan meningkatkan keuntungan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513