November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis Online di Facebook juga Mempunyai Kelemahan

By admin - Mon Apr 15, 4:39 pm

Bisnis online di Facebook memang sangat menggiurkan. Bisnis online di Facebook mampu menjanjikan keuntungan maksimal dengan kemudahan-kemudahan yang dijanjikannya, yaitu mulai dari promosi sampai transaksi. Jadi, tak jarang jika banyak sekali para pelaku bisnis yang berduyun-duyun menggunakan fasilitas ini. Dari pengguna yang awalnya hanya menggunakan Facebook sebagai ajang untuk berteman sekarang mulai beralih membuatnya menjadi lading bisnis. Memang tidak ada salahnya mencoba peruntungan di dunia online, tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, Facebook yang tadinya mempermudah sesuatu sekarang sudah mulai menunjukkan kendala yang harus Anda hadapi.

Bisnis online di facebook

Ketika Facebook sudah tidak sesederhana dulu untuk mengembangkan branding suatu produk, maka sekarang para pelaku usaha dan konsumen mulai beralih dari fitur Facebook. Mereka mulai melirik platform e-commerce, baik yang dalam format department store online maupun mall online. Sekarang ini para pelaku usaha sudah mulai menyadarai bahwa situs Facebook tidak bisa sepenuhnya digunakan untuk berbisnis lagi, karena terlalu banyak kendala yang menghadang. Situs e-commerce dinilai lebih mudah dan lebih menguntungkan untuk berbisnis daripada Facebook, karena e-commerce memang dirancang untuk berbisnis, bukan untuk berteman.

Bisnis online di Facebook terbatas dan tidka lagi menarik karena masih dilakukan serba manual ke konsumen dengan melalui pesan personal dan juga harus secara berkala mengecek inbox. Human error yang kemungkinan akan terjadi pun sangat tinggi karena semuanya dikelola sendiri dan tidak ada sistem yang menjalankannya. Berikut ini beberapa kesalahan yang mungkin terjadi ketika berbisnis dengan Facebook:

  • Kemungkinan salah dalam proses pencatatan pemesanan karena semuanya dilakkan secara manual.
  • Komunikasi ke konsumen kurang lancar. Hal ini karena pelaku bisnis mengurus semuanya sendiri, mulai dari melayani pelanggan, promosi produk, mengurus pengiriman, menerima permintaan dan pembayaran.
  • Pesanan tertukar. Ini seringkali terjadi karena satu pelaku usaha menangani semua hal secara sendiri.
  • Transaksi seringkali tertunda. Hal ini karena saking sibuknya, pelaku usaha terkadang tidak cepat tanggap pada pembeli yang akan menyebabkan minat membeli jadi tertunda atau bahkan batal.

Bisnis online di Facebook berbeda dengan bisnis yang ada di e-commerce. Karena sistem yang terbangun di e-commerce sudah terbangun dengan baik. Inilah yang membuat para pelaku usaha mulai berbondong-bondong menggunakan sistem ini daripada Facebook. Yang paling membantu di dalam bisnis e-commerce adalah sistem pembayaran dan pengiriman. Karena jika para pelaku usaha menjalankan online shop dengan baik, seperti pelayanan terhadap pelanggan, maka para pelaku usaha juga bisa lebih fokus dalam meningkatkan kualitas produknya. Hal ini juga terkait dengan trust. Ya, bisnis online selalu tergantung pada trust. Sekali konsumen tidak puas dengan produk atau pelayanan Anda, maka mereka akan pergi dan mencari yang lain.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS