December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

By - Fri Oct 10, 4:42 pm

Bisnis modal kecil biasanya dicari oleh mereka yang masih mempunyai modal sedikit atau mereka yang hanya ingin memulai bisnis sampingan. Bisnis modal kecil untuk mahasiswa juga bisa Anda lakukan di tengah jadwal kuliah. Pengetahuan yang luas dan kreativitas yang Anda miliki bisa menjadi tambahan modal yang kuat untuk memulai sebuah usaha. Jadi bisa dikatakan bahwa modal dana bisa tertutup dengan modal ilmu pengetahuan dan kreativitas.

Bisnis modal kecilJaman sekarang, anak muda dan masih kuliah sudah tidak malu lagi untuk ikut terjun ke dunia usaha. Semakin hari semakin banyak anak muda yang ingin memulai menjadi pelaku usaha. Sebenarnya untuk memulai bisnis di sela kesibukan kuliah adalah yang sangat menantang. Ketika membaca teori tentang bisnis sampingan, semuanya terasa begitu mudah dan ringan. Tetapi kenyataan ternyata tidak semudah teori yang dikeluarkan. Tetapi kesulitan dan tantangan yang ada tidak akan mengendurkan semangat Anda yang mempunyai tekad kuat untuk menjadi seorang entrepreneur. Jiwa dan semangat entrepreneur inilah yang akan membantu Anda untuk lebih percaya diri dan semangat dalam menghadapi tantangan yang menghadang.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis modal kecil? Ide apa yang ada di pikiran Anda dan masyarakat? Lalu mengapa Anda tidak mengangkat potensi produk yang ada di daerah asal Anda saja? Tentu saja produk tradisional suatu daerah mempunyai nilai lebih untuk masyarakat perkotaan atau daerah yang berbeda. Terlebih jika daerah kampus Anda juga banyak terdapat mahasiswa pendatang dari daerah lain. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda.

Jika Anda sudah menentukan produk apa yang akan Anda pilih, sebaiknya Anda segera menentukan target market yang akan Anda bidik. Jika Anda membidik sesama mahasiswa, maka Anda juga harus memastikan apakah produk tersebut akan laku di target market yang sudah Anda pilih. Karena mahasiswa biasanya datang dari berbagai macam suku, adat dan budaya, maka apa yang akan Anda bawa mungkin akan terasa dan terlihat asing di mata mereka. Misalnya jika Anda berasal dari daerah Rembang, Anda bisa membawa sirup Kawista, kacang entis, batik Lasem, dan lain sebagainya. Tetapi karena mahasiswa biasanya suka sekali ngemil, maka sebaiknya Anda lebih fokus pada produk camilan.

Bisnis modal kecil untuk mahasiswa ini bisa Anda mulai dengan membawa produk dari daerah Anda, misalnya sirup Kawista dan Kacang Entis yang mana mirip dengan kacang hijau kupas tetapi rasanya gurih. Lakukan survey pasar ketika Anda membawa sample tersebut. Anda bisa memulainya dengan teman- teman satu kos dan teman- teman satu jurusan. Jika Anda berhasil membuat mereka memesan, maka itu adalah langkah yang bagus. Tingkatkan pemasaran Anda, yaitu dengan menyerbu Fakultas lain dan kos-kosan yang lain. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan produk Anda secara luas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513